Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coba Larikan Diri, Otak Pencurian Motor Ditembak Polisi

Kompas.com - 13/10/2013, 09:36 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com - Polisi harus melumpuhkan Semeng alias BK (21) dengan timah panas saat akan ditangkap. Otak kompolotan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Manado ini mencoba melarikan diri.

BK ditangkap oleh Tim Khusus (Timsus) Polda Sulut melalui penggebrekan di kamar kost yang disewanya di belakang Stadion Klabat Manado, Sabtu (12/10/2013) malam. "Saat hendak ditangkap, dia meloncat dari jendela dan mau melarikan diri. Anggota saya lalu mengejarnya dan harus melumpuhkannya dengan menembak kakinya," ujar Kepala Timsus Aiptu Marwan Gembong, Minggu (13/10/2013).

BK yang merupakan pemain lama ini sudah menjadi target operasi polisi. Dia pernah lolos pada penangkapan yang dilakukan beberapa bulan lalu, dan kabur ke Jakarta. Polisi hanya bisa menggerebek komplotannya, sedang BK lolos.

Merasa sudah aman, BK lalu kembali ke Manado dan kemudian merekrut 3 anggota baru lagi. Tercatat sudah ada 15 lokasi pencurian yang dilakukannya sejak dia balik dari Jakarta pada Agustus lalu.

"Ketiga anggotanya sudah kami tangkap pada bulan lalu dan lewat pengembangan akhirnya kami mengetahui tempat persembunyiannya dan menggerebek tadi malam," jelas Marwan.

Modus yang dilakukan komplotan BK adalah dengan cara merusak kunci motor yang hendak mereka curi. Lalu menghidupkan kendaraan itu dengan cara menyambung soket.

Motor yang berhasil dicuri kemudian dipasangi kunci yang baru dan dijual di daerah Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com