Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulus Uji Kelayakan, Tol Bali Segera Diresmikan

Kompas.com - 06/09/2013, 17:22 WIB
Kontributor Bali, Muhammad Hasanudin

Penulis


DENPASAR, KOMPAS.com - Kabar gembira bagi warga Bali yang berharap bisa lepas dari kemacetan di sepanjang jalan by pass Ngurah Rai karena Proyek Jalan di Atas Perairan (JDP) atau jalan tol Bali sudah rampung 100 persen dan lulus uji kelayakan.

Jalan alternatif dari Denpasar menuju Bandara Ngurah Rai dan Nusa Dua tersebut rencananya diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 12 September mendatang. "Tol kami secara fisik, secara peralatan, secara keseluruhan sudah siap," ujar Direktur Keuangan PT Jasa Marga (Persero) Reynaldi Hermansjah, di sela-sela penanaman pohon mangrove di bawah Tol Bali, Jum'at (6/9/2013).

Rencananya tarif tol untuk mobil sebesar Rp 10.000 dan sepeda motor Rp 4.000. Saat ini PT Jasa Marga masih menunggu hasil keputusan resmi tarif tol tersebut dari Pemerintah pusat.

Seperti diberitakan, pada tanggal 18 November 2010, empat BUMN, yakni PT Jasa Marga, PT Pelindo III, PT Angkasa Pura I, dan PT Pengembang Pariwisata Bali, menandatangani nota kesepakatan tentang rencana pembangunan jalan tol Denpasar Selatan-Bandara Ngurah Rai-Nusa Dua.

Jalan tol sepanjang 12,7 kilometer itu dibangun di atas perairan Benoa ini dan bertujuan  mengatasi kemacetan di by pass Ngurah Rai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com