Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Kesulitan Padamkan Api di Puncak Bulusaraung

Kompas.com - 31/08/2013, 22:16 WIB
Kontributor Makassar, Rini Putri

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com
- Petugas gabungan terdiri dari Polres, Kodim Kabupaten Pangkep, tim Mapala, petugas taman nasional dan warga masih kesulitan memadamkan kobaran api yang membakar puncak gunung Taman Nasional Bulusaraung pada Sabtu (31/8/2013) sekitar pukul 17.00 Wita, di Kabupaten Pangkep, Sulsel.

Kepala Balai Taman Nasional Bulusaraung, Ikbal yang dihubungi Sabtu (31/8/2013) malam, menyatakan, hingga kini api masih terlihat membumbung tinggi membakar hutan. "Api masih terlihat besar dan membakar hutan di puncak gunung," ungkapnya.

Saat ditanya penyebabnya, Ikbal memperkirakan kebakaran disebabkan dari puntung rokok yang masih menyala dan dibuang oleh mahasiswa pencinta alam yang saat itu mendaki gunung tersebut. Bahkan, lanjut Ikbal, kobaran api diperkirakan telah melahap hutan seluas sekitar lima hektar.

Saat ini, sejumlah petugas masih memikirkan cara memadamkan api. Pasalnya lokasi serta ketinggian gunung untuk mencapai puncak sekitar 1.300 meter dengan kondisi medan yang cukup berat. "Kami belum memikirkan yang lain, yang sekarang ini kami terfokus bagaimana cara bisa menjangkau puncak dan memadamkan secara manual," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com