Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Gunung Bulusaraung Terbakar

Kompas.com - 31/08/2013, 20:39 WIB

PANGKEP, KOMPAS.com - Kebakaran terjadi di puncak Gunung Bulusaraung, Desa Tompobulu, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep, Sabtu (31/8/2013) sore. Informasi yang diterima dari seorang warga Maros, Dhani kebakaran terjadi sekitar pukul 17.00 Wita.

"Kayaknya besar apinya karena dari Maros sini saja kelihatan jelas," ujarnya. "Mungkin karena api rokok atau pendaki-pendaki ceroboh," tambah Dhani.

Kebakaran Gunung Bulusaraung dibenarkan Kepala Desa Tompobulu Muh Jabir saat dihubungi tribun-timur.com. Ia mengatakan, kebakaran terjadi di puncak gunung Bulusaraung di ketinggian 1.353 m.dpl. Namun penyebab kebakaran belum diketahui pasti.

"Memang setiap Sabtu dan Minggu biasanya Bulusaraung ramai didatangi mahasiswa pecinta alam. Ada kemungkinan mahasiswa lagi masak-masak di puncak dan lupa mematikan apinya, atau puntung rokok yang lupa dimatikan. Namun kita belum tahu pasti, masih menunggu tim yang sedang menuju ke puncak," jelasnya.

Hingga kini, kobaran api di puncak gunung Bulusaraung masih belum teratasi. Perwakilan Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul), Dedy mengatakan, pihaknya telah menurunkan tim yang turun ke lokasi kebakaran. Terdiri atas satu tim Pecinta Alam Maros dan personel TN Babul.

Penyebab kebakaran belum diketahui pasti, karena untuk mendaki ke lokasi kebakaran tim harus melalui sembilan pos. Penanganan pun tetap berkoordinasi dengan Polres Pangkep dan pemerintah desa setempat. Puncak Gunung Bulusaraung sendiri terletak pada ketinggian 1.353 m.dpl.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com