Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar-Heru Dilantik Pagi Ini

Kompas.com - 23/08/2013, 07:13 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com
- Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko akan dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018 pada Jumat (23/8/2013) pagi ini. Pelantikan dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi melalui sidang paripurna istimewa DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Setidaknya terdapat lebih dari 960 tamu undangan akan hadir memenuhi ruangan di lantai IV dan V gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah. Sejumlah tokoh nasional yang akan hadir antara lain Puan Maharani, Yusril Ihza Mahendra, Tjahjo Kumolo serta masih banyak lagi. Selain itu, seluruh anggota Komisi II DPR RI juga dijadwalkan menghadiri pelantikan tersebut.

Prosesi pelantikan akan dimulai pukul 08.30 hingga kurang lebih satu jam. Usai pelantikan, Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru akan menyapa masyarakat yang ada di luar gedung.

Pelantikan direncanakan akan menjadi pesta rakyat. Di pelataran Gedung DPRD, sudah disediakan tenda lengkap dengan panggungnya. Di panggung tersebut akan ada banyak pentas kesenian dari berbagai daerah yang datang khusus untuk meramaikan pelantikan.

Masyarakat yang di luar gedung tetap bisa mengikuti prosesi pelantikan melalui layar atau televisi yang sudah disiapkan. Di tempat itu juga akan disediakan aneka makanan tradisional yang merupakan sumbangan berbagai pihak.

Sebelumnya, Sekretaris DPRD Jawa Tengah Priyo Anggoro mengatakan, hingga Kamis (22/8/2013) siang, sudah ada 961 konfirmasi dari tamu undangan yang akan hadir. Jumlah ini sudah melebihi kapasitas ruangan tempat diselenggarakannya pelantikan.

"Kapasitas nyaman ruangan itu sekitar 700-800 orang," ujarnya.

Ia mengatakan antusiasme pihak yang ingin melihat langsung pelantikan ini bisa dikatakan fenomenal. Hal ini, menurutnya, merupakan dinamika dan tidak terlepas dari sosok Ganjar Pranowo.

"Yang minta diundang itu seperti nilai dolar, naik terus dan naik terus," katanya sambil tertawa.

Pasangan Ganjar-Heru yang diusung PDI Perjuangan ini menang dalam pemilihan kepala daerah 26 Mei lalu. Rekomendasi PDI Perjuangan yang jatuh ke Ganjar-Heru memang sempat mengagetkan banyak pihak. Sebab sebelumnya ada nama wakil gubernur Rustriningsih yang oleh masyarakat dinilai layak dan loyal pada PDI Perjuangan.

Namun, akhirnya, Ganjar-Heru mampu unggul dari dua pasangan lain yakni gubernur petahana Bibit Waluyo dan Sudijono Sastroadmodjo, serta mantan Sekda Hadi Prabowo dan Don Murdono. Kini, rakyat Jawa Tengah akan menunggu gebrakan kepemimpinan Ganjar dengan semua janji-janji saat kampanye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com