Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bawang Merah Tembus Rp 120.000 Per Kilo

Kompas.com - 14/08/2013, 18:06 WIB
Kontributor Gorontalo, Muzzammil D. Massa

Penulis


GORONTALO, KOMPAS.com — Harga satu kilogram bawang merah di Gorontalo menembus angka Rp 120.000. Menurut pedagang di Pasar Sentral Gorontalo, harga bawang merah merangkak naik sejak sebelum Idul Fitri.

"Harga bawang merah mulai melonjak sejak sepekan sebelum Idul Fitri. Dari Rp 90.000 menjadi Rp 120.000 per kilogram pada hari ini,” kata Teti Kadir, salah seorang pedagang rempah-rempah di Pasar Sentral Kota Gorontalo kepada Kompas.com, Rabu (14/8/2013).

Dia mengatakan, lonjakan harga itu dipicu oleh pihak pemasok yang menaikkan harga jual ke tingkat pedagang di pasar induk terbesar di Gorontalo itu. Pada hari normal, harga bawang merah hanya Rp 30.000, tapi kini berkisar Rp 95.000 hingga Rp 100.000 per kilogram.

Kenaikan harga juga terjadi pada jenis bawang dengan kualitas nomor 2, yang dipatok dengan harga Rp 70.000 per kilogram, dari semula Rp 20.000.

Teti mengatakan, bawang berukuran lebih besar yang berasal dari Bima (Nusa Tenggara Barat) dan Magelang (Jawa Tengah) itu tidak begitu disukai karena rasanya yang hambar.

Bawang bombai juga turut mengalami kenaikan harga, dari semula Rp 40.000 menjadi Rp 80.000 per kilogram.

Menurut Teti, kenaikan harga bawang itu juga turut memengaruhi tingkat penjualan. Banyak calon pembeli yang tak jadi membeli bawang merah begitu tahu harganya yang melambung tinggi.

Hal senada dikatakan Andi, pedagang rempah-rempah lainnya di Pasar Sentral. Karena rendahnya daya beli masyarakat, kata Andi, dia mengurangi secara drastis persediaan bawang merah yang dibelinya dari distributor.

Jika biasanya dia membeli 300 kilogram untuk persediaan selama sepekan, maka kini dirinya hanya membeli 30 kilogram saja. “Daripada merugi. Soalnya pembeli lebih banyak membeli secara eceran,” katanya.

Namun begitu, dirinya memperkirakan harga bawang merah akan makin melonjak karena akan ada perayaan Lebaran Ketupat, tradisi masyarakat Gorontalo pada sepekan seusai hari raya Idul Fitri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com