Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Wisman Jerman Diduga Tersesat di Merapi

Kompas.com - 12/08/2013, 11:49 WIB
Aloysius Budi Kurniawan

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Dua wisatawan mancanegara (wisman) asal Jerman diduga tersesat di Gunung Merapi. Keduanya mendaki Merapi melalui jalur selatan sejak Minggu (11/8/2013) pagi kemarin. Hingga Senin (12/8/2013) pagi, mereka belum juga turun.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, Tim SAR Daerah Istimewa Yogyakarta langsung menggelar operasi pencarian.            

Koordinator Lapangan SAR DIY, Fery Ardianto, mengatakan, Tim SAR DIY menerjunkan sembilan anggota untuk melakukan penelusuran awal terkait keberadaan dua wisman tersebut.

"Dilihat dari waktu pendakian yang belum terlalu lama memang belum bisa dikatakan mereka tersesat. Tapi, upaya pencarian perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan," kata dia di Yogyakarta, Senin.            

Menjelang siang, empat regu SAR telah  berada di tempat titik koordinat. Menurut keterangan mereka, pada Senin pagi, masih terpantau adanya kontak dengan dua wisman tersebut.

Diperkirakan, keduanya berada di kawasan sungai penuh bebatuan tanpa air dan berada dalam kondisi lemas serta kecapekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com