Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membaca Aktivitas Merapi Tak Bisa Monoton

Kompas.com - 24/07/2013, 19:17 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Seksi Gunung Merapi, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPTTKG), Sri Sumarti mengatakan, untuk membaca aktivitas Gunung Merapi tidak bisa dilakukan dengan cara yang sama. Sebab, aktivitas gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta ini selalu berubah.

"Kita memang harus mengikuti perubahan yang terjadi. Kalau membaca aktivitas Merapi dengan monoton, ya, tidak akan maksimal," kata Sri Sumarti, Rabu (24/07/2013).

Ia menuturkan, setiap data Merapi yang terekam dan masuk ke Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) selalu berubah-ubah. Hasil setiap evaluasinya pun selalu berbeda-beda juga.

"Erupsi Merapi 2006 dengan 2010 berbeda, apalagi pasca (erupsi) 2010 tentu tidak sama. Pengamatan tentu harus mengikuti perkembangan itu," tandasnya.

Terkait dengan status Gunung Merapi, pihaknya menegaskan bahwa itu masih dalam level normal. Hal itu didasarkan pada data yang terekam, tidak menunjukkan adanya kenaikan aktivitas.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pada Senin (22/07/2013) sekitar pukul 04.22, gunung Merapi mengeluarkan embusan setinggi 1.000 meter dengan durasi 34 menit. Akibatnya, beberapa wilayah di Kabupaten Sleman, Klaten, dan Magelang mengalami hujan abu. Sebagian warga lereng Merapi memilih mengungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com