Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Teliti Sebelum Membeli Parsel Lebaran

Kompas.com - 25/07/2013, 14:12 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com — Masyarakat Kota Kediri, Jawa Timur, patut berhati-hati. Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan, dan Energi setempat menemukan makanan kedaluwarsa yang masih beredar di tengah masyarakat.

Temuan itu didapatkan saat petugas melakukan pengecekan kualitas makanan maupun minuman jajanan Lebaran, Kamis (25/7/2013), di beberapa titik pusat perbelanjaan modern. Pengecekan juga dilakukan pada isi parsel Lebaran.

Hasilnya, selain menemukan jajanan yang tidak layak konsumsi, petugas juga menemukan produk makanan cacat kemasan serta bumbu bahan masak yang rusak. Petugas kemudian mengambil tindakan tegas dengan menarik makanan yang kedaluwarsa tersebut agar tidak membahayakan masyarakat.

"Sifatnya pembinaan saja agar tidak menjajakan makanan yang sudah jatuh tempo kepada masyarakat," kata Yetty Sisworini, Kepala Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan, dan Energi Kota Kediri.

Masyarakat juga diimbau meningkatkan ketelitiannya sebelum membeli makanan, yaitu dengan memeriksa terlebih dahulu tanggal kedaluwarsa, kondisi kemasan, maupun bahan asal makanan yang hendak dibeli.

Selain itu, warga diharap melaporkan jika menemukan ada makanan yang tidak layak konsumsi di pasaran.

Dalam pengecekan itu, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan, dan Energi juga bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja maupun kepolisian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com