Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Hari Jokowi di Jateng-DIY

Kompas.com - 04/02/2024, 05:17 WIB
Titis Anis Fauziyah,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepertinya kerasan melakukan kunjungan kerja di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sebab, orang nomor satu di Indonesia itu selama lima hari berkegiatan di dua wilayah tersebut.

Kunjungan Jokowi dimulai pada Sabtu (27/1/2024) hingga Kamis (1/2/2024). Selama di DIY, Jokowi menginap di Istana Kepresidenan Yogyakarta atau Gedung Agung. Sedangkan saat di Jateng, Jokowi menginap di sebuah hotel di Kabupaten Wonogiri.

Baca juga: Jokowi Pastikan Bansos Beras 10 Kg Dilanjut sampai Juni 2024, Ini Alasannya...

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu melakukan berbagai kegiatan seperti pembagian bansos pangan dan program Indonesia pintar (PIP). Lalu bertemu peserta PNM Mekaar dan JKN-KIS.

Jokowi juga meresmikan Graha Utama Akmil Magelang, Gedung Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, dan tujuh ruas jalan daerah di DIY.

Dia juga menghadiri peringatan Harlah ke-101 NU. Tak hanya itu, Jokowi bertemu dengan sejumlah tokoh seperti Sri Sultan Hamengku Buwono X, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Prabowo Subianto.

Tak hanya agenda formal, Jokowi juga sempat melakukan kegiatan santai di DIY. Di antaranya bermalam minggu di Ambarukmo Plaza dan ngopi di Malioboro.

Sebagian kegiatan Jokowi di DIY dan Jateng pun sempat menjadi sorotan karena dikait-kaitkan dengan pemilu 2024.

Presiden Joko Widodo saat bermain sepak bola di Lapangan Gamplong di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sabtu (27/1/2024).dok. Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo saat bermain sepak bola di Lapangan Gamplong di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sabtu (27/1/2024).

Bersamaan dengan Kampanye Ganjar-Mahfud

Jokowi memulai kegiatannya di DIY dengan bermain sepak bola di Lapangan Gamplong, Moyudan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta (DIY), Sabtu (27/1/2024).

Sementara pada Minggu (28/1/2024), akan ada kampanye akbar Ganjar-Mahfud di Alun-alun Wates, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Sedangkan lokasi Presiden Jokowi bermain bola berada di Kapanewon Moyudan yang berbatasan dengan Kulon Progo. Berdasarkan Google Maps, jarak Lapangan Gamplong ke Alun-alun Wates yakni 18 km.

Baca juga: Main Bola di Dekat Lokasi Kampanye Ganjar-Mahfud, Jokowi Bilang Begini

Terkait hal tersebut, Jokowi menegaskan kegiatannya tak berkaitan dengan politik.

"Nggak ada hubunganya dengan politik," katanya.

Menurutnya, lokasi kegiatannya ada di Kabupaten Sleman.

"Kita kan di Sleman, ini kan main bola untuk menyambut itu pertandingan Indonesia-Australia di Qatar," ujarnya.

Presiden Joko Widodo bersama Sri Sultan Hamengkubuwono X saat menyerahkan bantuan pangan beras cadangan pangan pemerintah (CBP) kepada masyarakat penerima manfaat di Gudang Bulog Sendangsari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Selasa (30/1/2024).dok. Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo bersama Sri Sultan Hamengkubuwono X saat menyerahkan bantuan pangan beras cadangan pangan pemerintah (CBP) kepada masyarakat penerima manfaat di Gudang Bulog Sendangsari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Selasa (30/1/2024).

Bagi-bagi bansos

Selama kunjungan kerja di DIY dan Jateng, Jokowi tercatat membagikan bantuan sosial (bansos) di sejumlah daerah. Di antaranya di Sleman, Bantul, Klaten dan Sukoharjo.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com