Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Jembatan Cisadane Diresmikan Jokowi, Arief Wismansyah: Alhamdulillah, Sangat Bermanfaat

Kompas.com - 09/01/2024, 14:55 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mantan Wali Kota (Walkot) Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah menyampaikan kegembiraannya atas peresmian Jembatan Cisadane A-B, Jembatan Batuceper, dan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sitanala Kota Tangerang oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi), Senin (8/1/2024).

“Alhamdulillah, terima kasih Pak Presiden (Jokowi) dan pemerintah pusat. Fasilitas ini tentu sangat bermanfaat untuk seluruh masyarakat Tangerang,” ucap Arief dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (9/1/2024).

Seperti diketahui, Arief merupakan salah satu inisiator pembangunan infrastruktur tersebut. Proyek ini mulai dikerjakan pada saat dirinya masih menjabat sebagai wali kota Tangerang.

Revitalisasi Jembatan Cisadane A-B oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah berlangsung sejak Juli 2022. Kini, fasilitas ini telah beroperasi penuh dan memberikan manfaat bagi warga Kota Tangerang dan sekitarnya.

Baca juga: Safari Politik Kaesang di Tangerang: Targetkan PSI ke DPR hingga Janji Bangun Youth Center

Pada kesempatan yang berbeda, Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Ruta Ireng Wicaksono menjelaskan bahwa pembangunan Jembatan Cisadane A dan B memiliki panjang masing-masing 110 meter (m) dan tampilan baru tanpa tiang penopang.

Pembangunan tersebut, kata dia, memungkinkan pengendara dan pejalan kaki dapat melihat Sungai Cisadane, yang menjadi kebanggaan Kota Tangerang.

“Sesuai dengan ucapan Presiden (Jokowi) saat meresmikan kemarin, kedua jembatan ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas jalan di Provinsi Banten, khususnya Kota Tangerang, baik antarkota atau antarkabupaten, serta melancarkan angkutan barang, orang, atau logistik. Ada banyak manfaat yang dirasakan atas kehadiran jembatan ini, itulah tujuannya,” jelas Ruta.

Baca juga: Sudah Setahun, Empat Tersangka Korupsi Jembatan Timbang Pontianak Belum Disidang

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa Jembatan Cisadane yang baru memiliki kualitas lebih baik dibandingkan dengan desain sebelumnya.

Pembangunan tersebut merupakan langkah untuk meningkatkan konektivitas dan mendukung pengembangan ekonomi di kawasan Kota Tangerang dan Provinsi Banten secara keseluruhan.

“Jembatan Cisadane A dan B merupakan salah satu dari 37 jembatan Callender Hamilton (CH) di Pulau Jawa yang perlu diganti. Karena jembatan ini diketahui telah berusia lebih dari 40 tahun, melewati usia layanan dan rentan terhadap beban transportasi dan logistik yang semakin berat,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com