Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Bandara Ngloram Perdana Layani Penerbangan Feeder Umrah, Gus Arief: Mudahkan Jemaah

Kompas.com - 18/11/2023, 21:45 WIB
Dwi NH,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bupati Blora Arief Rohman mengucapkan syukur atas dibukanya penerbangan feeder umrah di Bandara Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah (Jateng) pada Kamis (16/11/2023).

Bupati yang akrab dipanggil Gus Arief itu menilai, ketersediaan pemberangkatan calon jemaah umrah dari Bandara Ngloram mampu menghemat waktu perjalanan.

“Pertama (pelayanan itu) tentu untuk optimalisasi Bandara Ngloram serta membantu kemudahan masyarakat dalam melaksanakan ibadah umrah karena menghemat waktu perjalanan jemaah umrah,” kata Gus Arief dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (18/11/2023).

Untuk diketahui, Bandara Ngloram telah resmi memulai pelayanan penerbangan feeder jemaah umrah, Kamis (16/11/2023).

Baca juga: Warga Situbondo Mengaku Ditelantarkan Saat Umrah, Diduga Diberi Tiket Palsu dan Kurang Makan

Sekitar 50 jemaah umrah Kabupaten Blora terbang ke Halim Perdanakusuma dengan menggunakan pesawat ATR-72 milik maskapai penerbangan PT Citilink Indonesia.

Tampak Gus Arief bersama keluarga juga ikut dalam rombongan umrah tersebut. Selain jemaah umrah, ada pula sejumlah penumpang lain yang bertujuan ke Jakarta.

Pada kesempatan itu, Gus Arief mengatakan bahwa penerbangan feeder umrah pertama memang hanya diikuti oleh jemaah dari Kabupaten Blora.

Namun, Gus Arief berharap, ke depan biro-biro perjalanan umrah dari wilayah tetangga seperti Bojonegoro, Tuban, dan Rembang, juga bisa memanfaatkan penerbangan feeder dari Ngloram.

"Minat umrah dari Bojonegoro, Tuban, dan Rembang juga tinggi. Kami optimistis penerbangan feeder ini juga akan bisa menarik biro-biro perjalanan umrah dari wilayah tersebut sehingga ke depan, Bandara Ngloram semakin berkembang," tuturnya.

Baca juga: Belitung Jajaki Peluang dengan Pelita Air untuk Penerbangan Tanjung Pandan-Jakarta

Selain penerbangan feeder umrah, Gus Arief menjelaskan bahwa optimalisasi Bandara Ngloram juga dilakukan dengan skema lain.

Rencananya, kata dia, bakal ada pula sekolah penerbangan dan Jogja Flying Club (JFC) dalam rangka Aerowisata Blora. Upaya ini dilakukan seraya menunggu penerbangan reguler dibuka kembali.

Untuk diketahui, pembukaan penerbangan feeder umrah di Bandara Ngloram merupakan tindak lanjut perjanjian kerja sama antara biro umrah PT Jaho Mulya Sunjaya dengan sejumlah badan usaha milik daerah (BUMD) perbankan Kabupaten Blora yang dilakukan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Rabu (4/10/2023).

BUMD tersebut meliputi Bank Jateng, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Blora Artha, PT BPR Badan Kredit Kecamatan (BKK) Blora (Perseroda), dan Koperasi Karya Sejahtera.

Baca juga: Keterlekatan Teritorial, Moral, dan Sosial Koperasi Konsumen

Apresiasi dari berbagai pihak

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Bidang Infrastruktur, Transportasi, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Gus An'im Falahuddin Mahrus mengapresiasi upaya keras Bupati Blora dalam rangka optimalisasi Bandara Ngloram.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com