Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Hadir di Acara Penutupan Discover North Sulawesi, Puan Terkesan Keramahan Masyarakat Sulut

Kompas.com - 30/09/2023, 11:11 WIB
Tim Konten,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pariwisata Sulawesi Utara (Sulut) terus berkembang. Hal ini disampaikan Ketua DPR Puan Maharani ketika menutup rangkaian Discover North Sulawesi di Hotel Borobudur, Jakarta.

Pada penutupan program yang diselenggarakan sejak awal September tersebut, Puan mengaku senang dengan Provinsi Sulut, bahkan dirinya merasa seperti pulang ke rumah saat datang ke provinsi tersebut.

"Saya tinggal di Jakarta, rumah kedua (daerah pemilihan) dapil saya di Solo, Sukoharjo, Boyolali, dan Klaten. Di sana, saya juga merasa pulang ke rumah, tapi rumah saya selanjutnya di Sulut," ujar Puan dikutip dari rilis resmi, Sabtu (30/9/2023).

Sebagai informasi, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Provinsi Sulut. Untuk merayakannya, Pemprov Sulut  menggelar beragam acara di Jakarta dan Manado. Discover North Sulawesi menjadi salah satunya. 

Baca juga: Gelar Discover North Sulawesi, Gubernur Olly Perkenalkan Potensi Sulut di Kancah Nasional

Pada kesempatan tersebut, Puan yang didampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey serta bupati dan wali kota dari 15 kabupaten/kota di Provinsi Sulut, mengaku kagum karena kedatangannya ke Tomohon, Sulut, disambut baik oleh masyarakat sekitar.

"Beberapa waktu lalu saya berkunjung ke Tomohon, seluruh masyarakat di sepanjang jalan Tomohon kenal saya, saya merasa sedang di dapil sendiri," tambah Puan.

Puan menyukai Sulut tidak hanya karena provinsi tersebut punya alam yang indah, tetapi juga karena berbagai makanan yang enak, seni dan budaya yang sangat Indonesia, serta toleransi yang sangat kuat.

"Orang-orang Sulawesi Utara itu ramah-ramah, senyum terus, senangnya makan-makan, nyanyi-nyanyi, jadi pariwisatanya hidup," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengungkapkan bahwa pihaknya telah menghadirkan sejumlah agenda untuk meramaikan acara tersebut.

"Hadir juga parade kapal perang dan parade pesawat tempur. Berbagai kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan pariwisata di Sulawesi Utara dan kami berterima kasih segala kegiatan Provinsi Sulut selalu di-support oleh pemerintah pusat," kata Olly.

Olly juga mengungkapkan, Pemprov Sulut di bulan November akan menggelar kejuaraan International Waterski and Wakeboard Federation (IWWF) di Danau Tondano.

Baca juga: Penerbangan Langsung Korsel-Manado Bakal Dibuka, Pemprov Sulut Jalin Kerja Sama dengan Jeju Air

“Mari kita datang dan ramaikan. Kejuaraan akan digelar di Danau Tondano dengan peserta dari berbagai negara,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Olly juga menyinggung peran Puan untuk Sulut. Ia menceritakan, Puan berperan dalam pembangunan Bendungan Kuwil saat banjir bandang di Manado terjadi pada 2014 silam.

"Ketika Kota Manado dilanda banjir bandang yang besar pada 2014, Mbak Puan datang di tengah-tengah banjir Kota Manado. Kami bersyukur, karena saat itu juga, Mbak Puan sebagai pimpinan DPR langsung mendorong pembangunan Bendungan Kuwil dan hasilnya sudah kita rasakan secara langsung kemarin saat hujan besar berturut-turut, banjir sudah tidak seperti dulu lagi," ujarnya.

Olly berharap Puan dapat memberikan semangat kepada masyarakat Sulawesi Utara untuk tetap bersatu dan gotong royong.

"Kami sangat mengharapkan ibu Ketua DPR untuk dapat memberikan semangat kepada masyarakat Sulawesi Utara untuk tetap bersatu dan gotong royong dalam menjaga Pancasila, NKRI, demi kemajuan kita bersama ke depan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com