Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pimpin Rapat Persiapan Pisah Sambut Pj Gubernur Sultra, Begini Instruksi Sekda Sultra

Kompas.com - 08/09/2023, 15:20 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sekretaris Derah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun Lio memimpin rapat persiapan gelaran pisah sambut Gubernur dan Penjabat (Pj) Gubernur Sultra di ruang rapat Sekda Kantor Gubernur Sultra, Kendari, Rabu (6/9/2023).

Dalam sambutannya, Asrun meminta seluruh jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra untuk mendukung kepemimpinan Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto.

“Mari bersama kita dukung penunjukan beliau dengan menunjukkan kinerja dan loyalitas terhadap Pemprov Sultra,” ujar Asrun dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (7/9/2023).

Berdasarkan rapat tersebut, kegiatan pisah sambut Gubernur dan Pj Gubernur disepakati diselenggarakan pada Jumat (8/9/2023) pada pukul 19.30 WITA di Aula Serbaguna Rumah Jabatan Gubernur Sultra.

Baca juga: Hadiri Pelantikan Pj Gubernur Sultra, Ali Mazi: Penunjukan Andap Budhi Sudah Tepat

Melalui rapat itu pula, Asrun menginstruksikan jajarannya untuk mengikuti rapat koordinasi dengan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) seusai gelaran pisah sambut.

Adapun kegiatan pisah sambut Gubernur dan Penjabat (Pj) Gubernur Sultra akan dihadiri oleh forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), para bupati dan wali kota, staf ahli, asisten, kepala OPD, kepala badan, serta kepala biro.

Kemudian, Direktur Rumah Sakit (RS) Jantung, Direktur RS Bahteramas, Direktur RS Jiwa, Direktur Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sultra, dan Direktur Bank Bahteramas juga diundang pada acara tersebut.

Penunjukan Andap

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian resmi melantik Andap sebagai Pj Gubernur Sultra di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Penunjukan tersebut pun mendapat sambutan baik dari Gubernur Sultra periode sebelumnya, yakni Ali Mazi, yang turut hadir dalam pelantikan itu.

Menurutnya, penunjukan Andap merupakan hal yang tepat, terlebih Andap pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sultra pada masa kepemimpinan Ali, tepatnya pada 2016-2018.

“Andap memiliki latar belakang pendidikan dan riwayat jabatan yang sesuai untuk menempati posisi penjabat gubernur. Beliau memiliki kapasitas, pengetahuan, dan pengalaman mumpuni,” ujar Ali. 

Baca juga: Ditunjuk Jadi Pj Gubernur Sultra, Siapa Andap Budhi Revianto?

Ali Mazi meyakini, di bawah kepemimpinan Andap, Provinsi Sultra akan terjaga dengan baik, apalagi dalam menghadapi momentum pesta demokrasi pada 2024.

Sebelum ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sultra, Andap bertugas sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Sebagai informasi, Andap dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada Agustus 2023.

Dia dinilai memiliki jasa penting di berbagai posisi di daerah, termasuk menjadi Kapolda selama tiga kali berturut-turut. Ia pun berhasil melahirkan inovasi pelayanan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) berbasis teknologi digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com