Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Gubernur Herman Deru Minta Masyarakat Maknai HUT RI sebagai Motivasi untuk Berkarya bagi Bangsa

Kompas.com - 18/08/2023, 10:36 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru meminta masyarakat di wilayahnya memaknai Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78 sebagai motivasi untuk lebih semangat dalam berkarya bagi bangsa.

“Dengan semangat hari kemerdekaan Indonesia hendaknya dapat menjadi motivasi semua masyarakat Sumsel untuk lebih semangat lagi berkarya bagi bangsa,” ucapnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (18/8/2023).

Selain itu, Herman Deru juga meminta masyarakat memaknai HUT RI ke-78, tidak hanya dengan kemeriahan dan upacara semata, tetapi sebagai momen memupuk semangat perjuangan untuk peradaban dan kemajuan bangsa, serta meningkatkan toleransi.

Hal tersebut disampaikan Herman Deru usai menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan HUT RI ke-78 di Griya Agung Palembang, Sumsel, Kamis (17/8/2023).

Baca juga: Jadi Inspektur Upacara HUT Ke-78 RI, Menaker: Bonus Demografi Kunci Wujudkan Indonesia Jadi Negara Maju

Usai mengikuti upacara, ia mengatakan sangat bersyukur melihat jiwa perjuangan yang masih tetap membara walau usia kemerdekaan sudah menginjak usia ke-78 tahun.

Meski di era berbeda, kata Herman Deru, generasi penerus perjuangan para pahlawan tetap berjuang dengan gigih.

Tak lupa, ia mengapresiasi pelaksanaan upacara yang telah dilakukan petugas Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Provinsi Sumsel 2023.

"Dan satu lagi, untuk petugas sudah sangat baik sekali melaksanakan tugasnya nyaris tanpa cela," jelas Herman Deru.

Baca juga: Daftar Lengkap Nama Petugas Upacara Penurunan Bendera HUT Ke-78 RI

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan ke HUT ke-78 RI di Griya Agung Palembang, Kamis (17/8/2023).
DOK. Humas Pemprov Sumsel Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan ke HUT ke-78 RI di Griya Agung Palembang, Kamis (17/8/2023).

Perlu diketahui, peringatan HUT RI ke-78 dimulai dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh Paskibraka Provinsi Sumsel.

Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan teks Undang-undang Dasar (UUD) 1945 oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumsel R A Anita Noeringhati.

Adapun Komandan Upacara pada peringatan tersebut adalah Letnan Kolonel (Letkol) Infanteri (inf) Roni Sugiarto, Alumni Akademi Militer Tahun 2003 yang menjabat sebagai Komandan Distrik Militer (Dandim) 0430/Banyuasin.

Sementara itu, petugas pembawa bendera merah putih adalah Gesya Bilbina Adrein sebagai perwakilan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Ogan Komering Ulu (OKU). Gadis kelahiran Baturaja, 3 Maret itu merupakan putri dari pasangan Ferlan Juliansyah dan Meilinda.

Terdapat tiga orang petugas Paskibraka yang ditunjuk, pertama, M Zacky sebagai petugas penggerek bendera yang mewakili SMA Negeri 4 OKU. Siswa kelahiran Baturaja, 24 Juli 2007 ini merupakan putra dari pasangan Achmadi Saleh dan Marisa.

Baca juga: Modal Baju Robek Pinjaman, Anak Kuli Bangunan Ini Jadi Danpok Paskibraka di Istana Negara

Kedua, petugas Paskibraka posisi tengah, yaitu Raka Satya Dwi Syarwani, perwakilan dari SMA Negeri 3 unggulan Kecamatan Kayu Agung. Siswa kelahiran 16 Januari 2006 ini adalah putra dari pasangan Ihsanul Amri dan Siti Aminah.

Ketiga, petugas pembentang bendera adalah M Sultan Maulana Attariq Bahra yang mewakili SMA Negeri 9 Musirawas. Siswa kelahiran 31 Desember 2006 ini merupakan putra dari pasangan M Isam dan Turyanti.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com