Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Sensasi Merayakan HUT Ke-78 RI di Perbatasan Indonesia-Timor Leste

Kompas.com - 18/08/2023, 06:12 WIB
Zintan Prihatini,
Palupi Annisa Auliani

Tim Redaksi

HARI Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia terasa berbeda bagi saya pada tahun ini.

Saya, Zintan Prihatini, jurnalis Kompas.com, merayakan hari kemerdekaan di kawasan pesisir Pantai Motaain, Silawan, Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis (17/8/2023).

Upacara peringatan hari kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di area Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, Silawan, Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (17/8/2023). Upacara digelar di Lapangan Joni di tepi Pantai Motaain di area PLBN tersebut.KOMPAS.com/ZINTAN PRIHATINI Upacara peringatan hari kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di area Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, Silawan, Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (17/8/2023). Upacara digelar di Lapangan Joni di tepi Pantai Motaain di area PLBN tersebut.

Pantai ini berada dekat Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, yang membatasi Indonesia dengan Timor Leste. Lapangan yang dipakai untuk upacara di pesisir pantai dikenal sebagai Lapangan Joni.

Baca juga: Di Pesisir Pantai Motaain NTT, Ada Batas Negara dan Upacara Peringatan Kemerdekaan

Para siswa SD hingga SMA mengikuti upacara kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di pesisir Pantai Motaain, Belu, Nusa Tenggara Timur, Kamis (17/8/2023). Pantai ini menjadi berbatasan antara Indonesia dengan Timor Leste.  KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI Para siswa SD hingga SMA mengikuti upacara kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di pesisir Pantai Motaain, Belu, Nusa Tenggara Timur, Kamis (17/8/2023). Pantai ini menjadi berbatasan antara Indonesia dengan Timor Leste.

Upacara ini dipimpin oleh Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo sebagai inspektur upacara. Persiapan detik-detik proklamasi pun disambut gembira oleh siswa SD hingga SMA yang menghadiri upacara tersebut.

Baca juga: Menengok Sekolah di Perbatasan Indonesia-Timor Leste Menjelang Peringatan Kemerdekaan...

Paskibraka mengibarkan bendera merah-putih di momen upacara hari kemerdekaan ke-78 Republij Indonesia di Motaain, Belu, Nusa Tenggara Timur, Kamis (17/8/2023). KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI Paskibraka mengibarkan bendera merah-putih di momen upacara hari kemerdekaan ke-78 Republij Indonesia di Motaain, Belu, Nusa Tenggara Timur, Kamis (17/8/2023).

Upacara HUT ke-78 tahun RI itu diikuti oleh banyak kalangan, mulai dari anggota TNI/Polri, ASN, pelajar dari SD-SMA, hingga warga Desa Silawan. Peserta upacara pun berbaris rapi di tengah lapangan.

Sebagian warga di Desa Montaain, Silawan, Belu, Nusa Tenggara Timur mengikuti upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia pada Kamis (17/8/2023). KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI Sebagian warga di Desa Montaain, Silawan, Belu, Nusa Tenggara Timur mengikuti upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia pada Kamis (17/8/2023).

Sedangkan warga lain, tampak berdiri di sisi-sisi lapangan. Ketika instruksi penghormatan kepada sang merah-putih diberikan, peserta upacara serentak memberikan sikap hormat.

Beberapa ASN, TNI/Polri, Satpol PP hingga siswa SD-SMA mengikuti upacara hari kemerdekaan di pesisir Pantai Motaain, Belu, Nusa Tenggara Timur, Kamis (17/8/2023). KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI Beberapa ASN, TNI/Polri, Satpol PP hingga siswa SD-SMA mengikuti upacara hari kemerdekaan di pesisir Pantai Motaain, Belu, Nusa Tenggara Timur, Kamis (17/8/2023).

Menarik perhatian saya, ketika upacara selesai digelar beberapa perahu nelayan siap berlayar ke lautan. Tampak perahu kayu mereka dipasangi bendera merah-putih.

Nelayan di Desa Silawan, Belu, Nusa Tenggara Timur ramai-ramai berlayar di tepi lautan. Hal ini terlihat setelah digelarnya upacara hari kemerdekaan ke-78 di Pantai Motaain, Kamis (17/8/2023). KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI Nelayan di Desa Silawan, Belu, Nusa Tenggara Timur ramai-ramai berlayar di tepi lautan. Hal ini terlihat setelah digelarnya upacara hari kemerdekaan ke-78 di Pantai Motaain, Kamis (17/8/2023).

Anak-anak dari Desa Silawan juga terlihat berlari untuk menghindari ombak kecil di pinggir pantai. Mereka tertawa sambil lari ke sana kemari.

Beberapa anak tampak bermain di pesisir Pantai Motaain, Silawan, Belu, Nusa Tenggara Timur. Mereka berlarian ke sana kemari usai digelarnya upacara hari kemerdekaan di Lapangan Joni, Kamis (17/8/2023). KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI Beberapa anak tampak bermain di pesisir Pantai Motaain, Silawan, Belu, Nusa Tenggara Timur. Mereka berlarian ke sana kemari usai digelarnya upacara hari kemerdekaan di Lapangan Joni, Kamis (17/8/2023).

Masih terkait dengan peringatan HUT RI, John membaginan 1.000 paket sembilan pokok bahan makanan (sembako) dan kaos merah putih.

Anggota kepolisian menyerahkan baju merah putih kepada warga, dalam rangka memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia di Motaain, Belu, Nusa Tenggara Timur, wilayah perbatasan Indonesia dengan Timor Leste. KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI Anggota kepolisian menyerahkan baju merah putih kepada warga, dalam rangka memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia di Motaain, Belu, Nusa Tenggara Timur, wilayah perbatasan Indonesia dengan Timor Leste.

Selain pembagian sembako dan kaos, perayaan hari kemerdekaan di area PLBN Motaain juga diungkapkan dalam rupa aneka perlombaan. Di antara lomba itu adalah panjat pinang.

Peserta upacara hari kemerdekaan mengikuti perlombaan panjat pinang yang digelar di pesisir Pantai Motaain, Silawan, Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (17/8/2023).  KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI Peserta upacara hari kemerdekaan mengikuti perlombaan panjat pinang yang digelar di pesisir Pantai Motaain, Silawan, Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (17/8/2023).

Liputan peringatan dan perayaan kemerdekaan di PLBN Motaain ini merupakan bagian dari liputan khusus Merah Putih di Perbatasan, sebagai kolaborasi antara Kompas.com dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Baca juga: Kisah Merah Putih di Tepi Batas Tanah Air

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com