Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Pangan Murah Digelar Bagi Warga Sei Nyamuk Perbatasan Indonesia-Malaysia

Kompas.com - 16/08/2023, 17:25 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Fabian Januarius Kuwado

Tim Redaksi

SEBATIK, KOMPAS.com - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) beserta Badan Pangan Nasional (Bapanas) akan menggelar pasar pangan murah di pelataran Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sei Nyamuk, Sebatik, Kalimantan Utara.

Pasar pangan murah itu akan digelar seusai pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI, Kamis (17/8/2023).

"Paket gerakan pangan murah berisi berbagai bahan pokok, yakni beras SPHP Bulog, minyak goreng, tepung, gula pasir, telur, bawang merah, bawang putih," ujar Asdep Potensi Kawasan Perbatasan Laut (PKPL) BNPP, Farida Kurnianingrum, Rabu (16/8/2023). 

Baca juga: Penasaran, Masihkah Rupiah Tak Laku di Sebatik?

Farida mengatakan, pasar pangan murah itu bertujuan memberikan pangan dengan harga terjangkau bagi masyarakat di wilayah perbatasan, terutama di PLBN Sei Nyamuk.

Rencananya, pasar pangan murah di PLBN Sei Nyamuk itu dimulai pukul 08.30 WITA hingga selesai.

Adapun, harga yang ditawarkan yakni Rp 121.000 untuk 10 kilogram beras lokal, Rp 11.000 per liter untuk minyak goreng, dan Rp 49.000 per rak untuk telur.

Kemudian Rp 27.000 per kilogram untuk bawang merah, dan Rp 29.000 per kilogram untuk bawang putih dan Rp 43.000 untuk lima kilogram beras Bulog.

Sebagai informasi, sebanyak lima jurnalis Kompas.com menyambangi lima lokasi PLBN dalam rangkaian perjalanan pada kurun 14-19 Agustus 2023. 

Baca juga: Cerita Gotong Royong Warga Indonesia-Malaysia: Nenek Moyang Kami Sama...

Kelima jurnalis ini—Wasti Samaria Simangunsong, Hendra Cipta, Zintan Prihatini, Roberthus Yewen, dan Tria Sutrisna—bertolak ke PLBN Sei Nyamuk di Nunukan, Kalimantan Utara; PLBN Entikong di Sanggau, Kalimantan Barat; PLBN Motaain di Belu, Nusa Tenggara Timur; PLBN Skouw di Jayapura, Papua; serta PLBN Yetetkun di Boven Digoel, Papua Selatan.

Peliputan khusus di lima lokasi perbatasan ini merupakan kolaborasi Kompas.com dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Catatan perjalanan dan kisah dari perbatasan akan tersaji di Kompas.com dalam liputan khusus "Merah Putih di Perbatasan", yang mulai tayang pada Selasa (15/8/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com