Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Kapal Wisata Angkut 33 Wisatawan Asing Kandas di Labuan Bajo

Kompas.com - 06/08/2023, 11:16 WIB
Nansianus Taris,
Andi Hartik

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Kapal wisata yang mengangkut 33 wisatawan asing kandas di Perairan Pulau Kelor, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Sabtu (5/8/2023).

Kapal wisata itu berlayar dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), menuju Labuan Bajo.

Kepala Satuan Polisi Air dan Udara Polres Manggarai Barat, AKP I Wayan Merta menerangkan, kapal wisata dengan tipe kapal motor berukuran 54 gross tonnage (GT) itu membawa 35 orang wisatawan, 33 orang di antaranya merupakan wisatawan mancanegara.

Kapal itu berangkat dari Lombok menuju Labuan Bajo pada Rabu (2/8/2023) dini hari sekitar pukul 01.00 Wita.

Baca juga: Kapal Wisata Angkut 33 Wisatawan Asing Kandas di Perairan Pulau Kelor Labuan Bajo

Kapal dengan nama KM Duta Samota itu tiba di Pulau Kelor, Labuan Bajo, pada Sabtu (5/8/2023) siang sekitar pukul 11.00 Wita.

Selanjutnya, di hari yang sama, sekitar pukul 13.15 Wita, saat kapal wisata itu hendak bertolak ke Pelabuhan Marina di Labuan Bajo, kapal tersebut terseret arus dan menabrak karang di bagian lambung kiri sehingga kapal mengalami kebocoran dan air masuk ke dalam ruang mesin.

"Setelah mengetahui lambung kapal bagian kiri mengalami kebocoran, kapten kapal KM Duta Samota langsung mengevakuasi para penumpang ke Pulau Kelor," ungkap Wayan saat dihubungi, Minggu (6/8/2023).

Baca juga: Kapal Wisata di Nusa Penida Bali Terbakar, Kapten Alami Luka Bakar 40 Persen

Ia mengatakan, Sat Polairud Polres Manggarai Barat menerima informasi dari Pos Basarnas Manggarai terkait adanya permintaan evakuasi dari KM Duta Samota untuk mengevakuasi 43 penumpang yang mengalami kecelakaan di perairan Pulau Kelor.

Berdasarkan informasi itu, Sat Polairud langsung bergerak bersama tim SAR gabungan terdiri dari anggota Pos Basarnas Manggarai, Lanal Labuan Bajo, Polairud Polda NTT, Polairud Baharkam Polri, dan Syahbandar Labuan Bajo menggunakan KP Mangkudu 3008 dan tiga RIB milik Basarnas, KPLP serta Polairud Baharkam Polri menuju lokasi kejadian.

Lokasi kandasnya kapal itu, kata Wayan, berada di sebelah timur Pulau Kelor pada titik koordinat 08°33'4.15" S - 119°48'53.65" E atau 5,86 nautical mile (NM) arah selatan dari Pelabuhan Marina.

"Tim SAR berangkat dari Labuan Bajo sekitar pukul 14.15 Wita dan tiba di lokasi kejadian pukul 14.30 Wita, setelah tiba di lokasi tim SAR gabungan langsung mengevakuasi 41 penumpang termasuk kru kapal dari Pulau Kelor. Namun, dua kru kapal memilih nginap untuk menjaga Kapal tersebut sebelum dievakuasi," ungkapnya.

"Sekitar pukul 15.00 Wita, tim SAR gabungan tiba di Pelabuhan Marina, Labuan Bajo. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, semua penumpang dapat dievakuasi dalam keadaan selamat," sambung dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com