Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Kabupaten Tangerang Juara Umum MTQ Banten, Bupati Zaki Ajak Masyarakat Bumikan Al Quran

Kompas.com - 31/07/2023, 14:47 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Tangerang kembali meraih juara umum Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Banten ke-20. 

Bupati Tangerang Ahmed Zaki mengatakan, MTQ memiliki pesan penting bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Tangerang. 

Dia pun mengajak umat muslim meningkatkan kepedulian dan peran aktif untuk membumikan nilai-nilai Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

"Bukan hanya dengan lisan saja, tetapi juga dalam setiap perbuatan kita selama menjalani kehidupan kita sebagai hamba-Nya yang berakhlak mulia dan penuh kebaikan,” katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (31/7/2023).

Hal tersebut dikatakan Bupati Zaki saat menerima piala bergilir tersebut pada malam penutupan di Alun-Alun Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Sabtu (29/07/2023).

Zaki mengatakan, MTQ ke-20 memberikan arti dan makna bagi seluruh masyarakat, khususnya umat Islam untuk terus meningkatkan kualitas keimanan.

Baca juga: Kabupaten Tangerang Raih Peringkat Ke-1 Belanja Obat Dalam Negeri Terbesar 2022

Dalam hal ini, MTQ diharapkan dapat membantu mewujudkan ukhuwah islamiyah dan ukhuwah insaniyah di atas landasan iman dan takwa kepada Allah SWT. 

Dia juga meminta seluruh generasi penerus di Kabupaten Tangerang belajar dan bersiap-siap menyambut tongkat estafet syiar Islam di Kabupaten Tangerang.

"Semaju apa pun di Kabupaten Tangerang nanti, generasi penerus dan masyarakat Kabupaten Tangerang tetap berpegang teguh dan terus mengembangkan syiar Islam di bumi Kabupaten Tangerang dan Provinsi Banten,” katanya.

Lebih lanjut, Bupati Zaki mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan tersebut di Kabupaten Tangerang. 

Dia juga mengapresiasi Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar dan seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang, para peserta, pendamping, serta semua pihak yang membantu terselenggaranya acara tersebut. 

Baca juga: Pengelolaan Pengaduan Baik, Program SP4N-LAPOR! Kabupaten Tangerang Jadi Pilot Project Nasional

“Acara kali ini berlangsung aman dan lancar, tidak ada hambatan berarti,” katanya.

Pada kesempatan itu, Al Muktabar menyampaikan, Kabupaten Tangerang berhasil menyelenggarakan acara dengan meriah.

Menurutnya, meski berada di tingkat provinsi, acara tersebut terasa seperti di tingkat nasional.

“Saya sangat berterima kasih kepada tuan rumah Kabupaten Tangerang karena telah menyelenggarakan MTQ ini dengan megah,” ujarnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Tangerang menjadi juara umum setelah mendapat skor total 275 poin atau yang tertinggi jika dibandingkan daerah lain. 

Kabupaten Tangerang sebelumnya juga meraih juara umum MTQ Ke-19 Provinsi Banten.

Adapun MTQ Banten kali ini melibatkan 7 pengawas serta 131 dewan hakim. Perlombaan terdiri dari 12 majelis dengan 8 cabang dan 20 golongan.

Para pemenang MTQ Banten ke-19 ini pun bakal mengikuti kejuaraan MTQ tingkat nasional.

Baca juga: Bapenda Kabupaten Tangerang Targetkan Pajak Daerah Capai Rp 2,6 Triliun pada 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com