KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Menuju Hari Anak Nasional 2023, Wali Kota Ita Siap Sambut Presiden Jokowi di Semarang

Kompas.com - 19/07/2023, 17:06 WIB
Yussy Maulia Prasetyani,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana direncanakan akan berkunjung ke Semarang, Jawa Tengah, dalam rangka menghadiri puncak acara peringatan Hari Anak Nasional 2023 yang diperingati setiap 23 Juli.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat memimpin rapat persiapan peringatan Hari Anak Nasional tahun 2023 di Ruang Lokakrida, Gedung Balaikota, Selasa (18/7/2023).

"Puncak acara Hari Anak Nasional 2023 akan diadakan di lapangan Simpang Lima. Insya Allah Bapak Presiden dan Ibu Negara dijadwalkan hadir," kata perempuan yang akrab disapa Ita tersebut melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (19/7/2023).

Lebih lanjut Ita menjelaskan, peringatan Hari Anak Nasional 2023 di Semarang akan digelar pada 20-23 Juli 2023. Selama periode tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan menggelar rangkaian Forum Anak Nasional yang akan dihadiri oleh perwakilan 750 anak dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Menteri PPPA dan Wali Kota Semarang Serap Aspirasi Anak-anak

“Kegiatan Forum Anak Nasional dimulai pada 20 sampai 22 Juli. Acaranya (digelar) full semua di kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Tengah. Pada kegiatan tersebut, akan hadir Bapak Gubernur Jawa Tengah dan Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA)," papar Ita.

Kemudian, lanjut Ita, rangkaian Forum Anak Nasional akan diakhiri dengan puncak acara yang tak hanya diisi oleh kegiatan seremonial, tetapi juga dimeriahkan oleh pameran Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Dalam rapat persiapan tersebut, Ita juga menyampaikan bahwa pihaknya akan mengundang sejumlah artis-artis papan atas untuk memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional di Semarang, di antaranya seperti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Tak hanya itu, Ita juga akan mengundang penyanyi Tanah Air yang sedang naik daun, seperti Woro Widowati, Ndarboy Genk, dan Putri Ariani.

Baca juga: Di Hadapan Pejabat Negara Asean, Walkot Ita Paparkan Progres Pengembangan Smart City Kota Semarang

Selain menghadirkan panggung hiburan, rangkaian peringatan Hari Anak Nasional 2023 juga akan menggelar acara pengukuhan dan serah terima jabatan (sertijab) untuk pengurus Forum Anak periode 2023-2025 di Taman Budaya Raden Saleh, Semarang.

Ada pula acara Penganugrahan Kota Layak Anak oleh Kementerian PPPA di Hotel Padma Semarang. Sedangkan pada puncak peringatan Hari Anak Nasional, ada sekitar 2.500 undangan yang akan hadir secara luring dan 10.000 undangan yang hadir secara daring.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com