Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Lewat Pameran KKJ-PKJB, Dekranasda Jabar Perluas Akses Pasar Sektor Kriya

Kompas.com - 07/07/2023, 21:39 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menggelar pameran produk kreatif Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ)-Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) di area Gedung Sate Bandung, Jumat (7/7/2023).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar Atalia Praratya mengatakan, KKJ-PKJB bertujuan memberikan akses ke pasar yang lebih luas bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di sektor kriya atau kerajinan tangan. 

Dia berharap, ada investor yang berminat mengembangkan produk kriya dan memberi peluang UMKM naik kelas dan merambah pasar luar negeri. Pertemuan antara investor dan UMKM difasilitasi lewat business matching.

"Hari ini terasa begitu bergetar karena di tempat ini kami menghadirkan berbagai produk-produk unggulan dari 27 kota/ kabupaten,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Atalia mengatakan, kegiatan tersebut terjalin berkat kolaborasi luar biasa antara Bank Indonesia (BI) dengan Dekranasda Jabar.

Baca juga: Pemprov Jabar Bakal Hadirkan PKJB sebagai Pusat Pemasaran dan Pengembangan Ekraf

Dia juga mengapresiasi pengaplikasian metode pembayaran melalui quick response Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dari setiap transaksi di seluruh tenan selama kegiatan berlangsung. 

Istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil itu menilai, penggunaan QRIS menandakan pembayaran digital semakin tumbuh subur di Jabar. 

"Itu luar biasa (QRIS); Sangat efektif dan cepat sekali. Jadi ini adalah upaya kita juga terkait dengan bagaimana ekonomi inklusi terus dihadirkan," jelasnya.

Untuk lebih memastikan pembayaran digital, pameran yang dibuka untuk umum itu juga memberikan sosialisasi dan edukasi pembayaran digital kepada pengunjung. 

Untuk diketahui, KKJ-PKJB 2023 merupakan penyelenggaraan yang keempat kali bersama BI. 

Baca juga: Jabar Jadi Daerah Pengguna Pinjol Terbesar di Indonesia, Ridwan Kamil Anggap Wajar

Kegiatan kali ini juga menjadi yang terakhir digelar pada era kepemimpinan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sekaligus yang pertama pascapandemi Covid-19. 

Tak heran, penyelenggaraan KKJ-PKJB kali ini bisa lebih meriah dibandingkan pada tiga tahun terakhir saat pandemi. 

"Tahun ini kami bisa melakukannya di pelataran Gedung Sate dan ini hampir dari jalan di depan sampai ke belakang itu semua untuk mendorong kegiatan UMKM," terang Atalia.

Kegiatan yang akan berlangsung hingga Ahad (9/7/2023) itu merupakan kolaborasi antara Kantor Perwakilan BI Jabar dengan Pemprov Jabar dan Dekranasda Jabar. 

KKJ-PKJB didukung bupati/wali kota, Dekranasda, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan dari 27 kabupaten/kota, 46 perangkat daerah Pemprov Jabar, 120 pelaku usaha, 24 tenan Java Tea Festival, serta perbankan dan industri jasa keuangan. Ada sekitar 100 UMKM yang terlibat dalam event ini. 

Baca juga: Nilai Kurban 2023 Jabar Capai Rp 2,3 Triliun, Pemprov Jabar: Bukti Ekonomi Meningkat

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com