Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Bupati Bandung Sebut 90 Persen Pedagang Ingin Pembangunan Pasar Sehat Banjaran Segera Dilaksanakan

Kompas.com - 21/06/2023, 12:48 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.om – Bupati Bandung HM Dadang Supriatna mengatakan, sebanyak 90 persen pedagang ingin agar pembangunan Pasar Sehat Banjaran segera dilaksanakan.

Untuk itu, dia pun meminta para pedagang mendukung program revitalisasi Pasar Sehat Banjaran yang sudah sangat mendesak dan sudah direncanakan sejak lama, tetapi tertunda-tunda karena adanya pro dan kontra.

Hal tersebut disampaikan Dadang saat menerima audiensi para pedagang yang tergabung dalam Forum Peduli Pedagang Pasar Banjaran, di Gedung Mohamad Toha, Soreang, Selasa (20/6/2023).

"Insya Allah kami akan upayakan semaksimal mungkin. Mudah-mudahan apa yang menjadi harapan para pedagang pasar yang hari ini datang beraudiensi bisa bisa segera terwujud," kata pria yang akrab disapa Kang DS itu melalui keterangan persnya, Rabu (21/6/2023).

Kang DS juga memaparkan manfaat dibangunnya Pasar Sehat Banjaran kepada para pedagang dalam audiensi tersebut.

Baca juga: 7 Wisata di Kabupaten Bandung yang Populer, Bisa untuk Liburan Sekolah

Manfaat revitalisasi pasar tradisional menjadi pasar bersih dan sehat salah satunya adalah dapat meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap berbagai produk dan layanan.

Kang DS juga menyebutkan, dari segi peningkatan kualitas produk, pasar sehat dapat menawarkan produk dengan standar kualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan pasar tradisional.

"Dengan revitalisasi pasar, pemerintah berharap dapat mendorong peningkatan kualitas produk yang ditawarkan kepada masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, hal tersebut tidak hanya memberikan kepuasan konsumen yang lebih baik, tetapi juga dapat membantu pelaku usaha lokal untuk bersaing dengan produk impor.

Manfaat berikutnya adalah adanya peningkatan pendapatan pelaku usaha atau para pedagang. Kang DS menilai, pasar sehat dapat memberikan peluang bisnis yang lebih baik bagi para pelaku usaha.

Baca juga: Kabupaten Bandung Akan Hadirkan Wisata Bertaraf Internasional di Rancabali

Dengan fasilitas dan infrastruktur yang ditingkatkan, kata dia, pasar sehat cenderung menarik lebih banyak pengunjung, baik dari segi jumlah maupun profil konsumen.

Bupati Bandung HM Dadang Supriatna menerima audiensi para pedagang yang tergabung dalam Forum Peduli Pedagang Pasar Banjaran, di Gedung Mohamad Toha, Soreang, Selasa (20/6/2023).
DOK. Humas Pemkab Bandung Bupati Bandung HM Dadang Supriatna menerima audiensi para pedagang yang tergabung dalam Forum Peduli Pedagang Pasar Banjaran, di Gedung Mohamad Toha, Soreang, Selasa (20/6/2023).

Kang DS menyatakan, peningkatan kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu tujuan utama revitalisasi pasar menjadi pasar sehat.

Peningkatan aksesibilitas, kualitas produk, dan pendapatan pelaku usaha diharapkan dapat menciptakan ekosistem ekonomi yang lebih baik.

Kang DS menambahan, manfaat lainnya adalah meningkatkan daya tarik wisata. Sebab, pasar sehat dan modern yang direvitalisasi dengan baik dapat berperan sebagai objek wisata yang menarik.

Pasar dengan tata letak yang menarik, desain yang menawan, dan pengalaman belanja yang menyenangkan dapat menarik wisatawan baik lokal maupun internasional.

Baca juga: Alasan Polisi Akan Ditugaskan di Tiap RW di Kabupaten Bandung: Api Mudah Dipadamkan Saat Masih Kecil

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com