Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Revitalisasi Pantai Klotok dan Sembukan, Bupati Jekek Siapkan Anggaran Rp 10 Miliar

Kompas.com - 13/06/2023, 10:03 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk mempercantik Pantai Klotok dan Sembukan.

"Tahun ini (2023) sudah kami siapkan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 10 miliar untuk revitalisasi dua pantai di Paranggupito, yakni Pantai Sembukan dan Pantai Klotok,” kata bupati yang akrab disapa Jekek dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (13/6/2023).

Adapun dana Rp 10 miliar dari DAK itu berasal dari anggaran pendapatan belanjar nasional (APBN) yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus.

Pria yang akrab disapa Jekek itu mengatakan, revitalisasi dua pantai eksotis yang berada di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito tersebut merupakan upaya pihaknya untuk mengoptimalkan potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Wonogiri.

Baca juga: Warga Depok Puas dengan Trotoar Margonda Hasil Revitalisasi, Tapi Sesalkan Banyak Motor Parkir

Jekek mengatakan, proyek revitalisasi tersebut akan menjadikan dua pantai yang berada selatan Pulau Jawa itu menjadi lebih indah dan memiliki standarisasi wisata berskala global.

Orang nomor satu di Wonogiri ini mengaku sudah mendapatkan gambaran revitalisasi Pantai Sembukan dan Pantai Klotok dari konsultan perencana.

Dari paparan tersebut, Jekek optimistis jika wajah dua pantai ternama itu akan semakin cantik dan menarik sehingga akan mampu bersaing dengan pantai-pantai di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

“Saya sudah mendapatkan gambaran dari pemaparan yang disampaikan konsultan perencana. Nanti di Pantai Klotok dan Pantai Sembukan akan dibangun sejumlah bangunan sehingga akan mempercantik wajah dua pantai tersebut. Pemandangannya pun akan menjadi lebih indah untuk dinikmati siapa saja yang datang ke pantai itu,” jelasnya.

Baca juga: Dukung Pembangunan Infrastruktur IKN, PGN Terapkan 3 Pilar Energi dalam Utilisasi Gas Bumi

Jekek menargetkan pembangunan dua pantai tersebut minimal disulap dan bisa menyaingi pantai-pantai di Gunung Kidul.

Pasalnya keberadaan Pantai Sembukan dan Pantai Klotok berada di kawasan geopark yang sama dengan Kabupaten Gunung Kidul.

“Ini kan bentang kawasan di geopark. Kabupaten Gunung Kidul sudah memulai lebih awal. Dan kita tahun (2023) ini memulai. Semoga nanti sustainable, berkelanjutan dan pada akhirnya potensi yang kita miliki dioptimalkan dengan baik," ucap Jekek.

Bupati dua periode tersebut optimistis revitalisasi Pantai Sembukan dan Pantai Klotok akan berdampak ke berbagai bidang.

Baca juga: Novita Hardini Berharap Sedekah Laut Teluk Prigi 2023 Dapat Tingkatkan Pariwisata hingga Ekonomi Masyarakat

Dampak itu, mulai dari ekonomi masyarakat di sekitar kawasan pantai dan pendapatan asli daerah (PAD).

"Kalau destinasinya oke, ekonomi menggeliat, multiplier efek oke. Ini bagian dari ikhtiar untuk pertama tentu memfasilitasi masyarakat sekitar agar ekonomi lebih produktif,” jelas Jekek.

Setelah wajah Pantai Sembukan dan Pantai Klotok dipercantik, Jekek meyakini, tren kunjungan wisatawan akan meningkat. Dengan demikian, PAD Kabupaten Wonogiri akan terkerek naik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com