Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Iriana Jokowi hingga Ketua TP-PKK Sumsel Meriahkan Peringatan HKG Ke-51 PKK Nasional di Medan

Kompas.com - 22/05/2023, 14:24 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sumatera Selatan (Sumsel) Febrita Lustia Herman Deru bersama Wakil Ketua TP-PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya menghadiri secara langsung Peringatan Hari Kesatuan Gerak ke-51 (HKG) PKK Nasional di Ballroom Convention Hall Santika Premiere Dyandra Hotel Medan, Rabu (17/5/2023).

Mengusung tema "Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh," peringatan HKG ke-51 PKK Nasional dibuka langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi).

Dalam kesempatan tersebut, Iriana mengucapan selamat kepada TP-PKK di seluruh Indonesia.

Ia mengungkapkan bahwa gerakan PKK harus mengedepankan prinsip kerja partisipatif.

“Saya sekali lagi mengucapkan selamat hari kesatuan gerak PKK. Gerakan PKK ini tumbuh dari bawah, mengedepankan prinsip kerja partisipatif sehingga membutuhkan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat,” ucap Iriana dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (22/5/2023).

Baca juga: Perangkat RW 07 Keagungan Minta Pungutan Rp 15 Juta ke Warga untuk THR Kader PKK hingga Karang Taruna

Dalam acara tersebut, Iriana berkesempatan untuk berdialog dengan sejumlah kader PKK. Ia pun mengrapresiasi semangat para kader PKK yang telah bekerja keras tanpa kenal lelah.

“Terima kasih sekali, karena PKK ini kerjanya melebihi pegawai negeri, tanpa digaji, tanpa lelah. Apalagi kalau ada lomba-lomba, kader-kader sangat-sangat semangat,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Iriana juga berdialog dengan salah satu kader PKK bernama Gandaria.

Sebagai wanita yang telah bergabung sejak 1978, Gandaria menyampaikan, dirinya akan terus bergabung dengan gerak PKK sampai lanjut usia (lansia).

“Memang kader PKK semangatnya tanpa lelah, yang pasti hidup jaya PKK. Terima kasih Ibu, semangat PKK ya, Bu. Terus lanjutkan tanpa lelah, umur tidak menjadi masalah,” tutur Iriana menanggapi pernyataan kader PKK.

Baca juga: Embarkasi Solo Berangkatkan 33.524 Calon Jemaah Haji Jateng dan DIY, 60 Persen di Antaranya Lansia

Sebagai informasi, peringatan HKG ke-51 PKK tersebut juga dibarengi dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara TP-PKK Pusat dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) (Rumah Pangan Bebas Stunting) serta TP-PKK Pusat dengan PT Nestle.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemberian Piagam Penghargaan Kader Inspiratif PKK dari kabupaten atau kota se-Indonesia.

Selain itu, dilakukan penyerahan piagam penghargaan wanita yang berjasa di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, budaya, lingkungan hidup, dan pertanian.

Dalam acara tersebut, Iriana hadir didampingi Wury Ma'ruf Amin serta Ketua Umum TP-PKK Pusat Tri Tito Karnavian.

Selain itu, hadir pula Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Edy Rahmayadi, Ketua TP-PKK Kota Medan Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution, serta seluruh Ketua TP-PKK tingkat provinsi, kabupaten atau kota se-Indonesia

Baca juga: 6 Rumusan Piagam Surabaya, Salah Satunya Tolak Politik Identitas 

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com