Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Tapsel Miliki Produk Pertanian Unggul, Bupati Dolly Ajak Kader Hipmi Kembangkan Produk Turunan

Kompas.com - 13/02/2023, 19:36 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu mengajak para kader Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Tapsel bersinergi dengan pemerintah dalam membangkitkan ekonomi di Tapsel.

Dia menjelaskan, ada beberapa produk unggulan Tapsel, yakni kopi, padi, gula aren, bawang, jagung, coklat, batik, dan tenun Tapsel.

Menurut Dolly, produk-produk tersebut perlu dibuatkan produk turunannya agar nilai tambahnya semakin baik. Untuk itu, dia meminta dukungan pengusaha muda Tapsel.

“Seperti kita ketahui, 70 persen produk Tapsel adalah pertanian. Di samping itu, produk usaha kecil menengah (UKM) tetap memerlukan dorongan serta keseriusan para pemuda untuk memacu peningkatan ekonomi kita,” katanya.

Baca juga: Keluarga Nenek yang Ditendang Pelajar di Tapsel Tolak Damai, Bagaimana Nasib Pelaku

Dia mengatakan itu saat menghadiri pelantikan pengurus Badan Pengurus Cabang (BPC) Hipmi Kabupaten Tapsel Periode 2023-2026 di Aula Syakira, View & Resto, Desa Aek Sabaon, Kecamatan Marancar, Minggu (12/2/2023).

Dolly juga mengatakan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tapsel meraih peringkat I se-kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut) dalam Penilaian Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) 2022.

Dewan Kehormatan BPC Hipmi Tapsel itu pun menilai, hal tersebut sangat memfasilitasi para pengusaha di Tapsel untuk berkarya ke depannya.

“Harapannya untuk para kader Hipmi agar terus bergerak, berkarya, jemput bola, dan bersinergi dalam membangun usaha-usaha di Tapsel,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (13/2/2023).

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Hipmi Sumut Ade Jona Prasetyo meminta ketua yang terpilih mampu membawa perubahan-perubahan positif untuk kemajuan Tapsel.

Baca juga: Warga Tapanuli Selatan Nekat Bacok Kepala Desa, Emosi karena Gagal Dirujuk dengan Istri

“Saya berharap pengusaha-pengusaha senior, juga Kanda Bupati selaku Ketua Dewan Penasehat dan Ketua Dewan Pembina untuk senantiasa membimbing adik-adik pengurus BPC Hipmi Tapsel,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum BPC Hipmi Tapsel Rahman Budi Harto Nasution menegaskan, dia siap menjalankan amanah yang diberikan dan siap mendukung dalam memajukan Tapsel demi terwujudnya masyarakat yang lebih sehat, cerdas dan sejahtera.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tapsel, Sekretaris Umum (Sekum) dan Bendahara Umum (Bendum) BPD Hipmi Sumut, Ketua Dewan Pembina BPC HIPMI Tapsel, Ketua Kadin Sumut, Ketua Gapeksindo Sumut, dan Camat Marancar.

Hadir pula Ketua BPC HIPMI Padang Sidempuan, Paluta, Tapteng, Sibolga, dan mewakili Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tapsel, serta para pengusaha se-Tapsel.

Baca juga: Program KUR Bantu Petani di Tapanuli Selatan Dapatkan Modal untuk Jalankan Usaha

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com