Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Kang Emil Sebut Patriot Desa Lahirkan Pemuda Berjiwa Revolusioner

Kompas.com - 10/10/2022, 18:14 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, Patriot Desa dibentuk untuk melahirkan pemuda berjiwa revolusioner yang terus bergerak bisa membawa perubahan di desa.

“Jadi lewat sentuhan tangan-tangan anak muda ini, kami harapkan peradaban desa bisa lebih maju lagi,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (10/10/2022).

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil itu, Jabar Juara Lahir Batin hanya bisa terwujud jika desa di Jabar Juara.

Untuk mewujudkannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jabar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jabar telah mencanangkan Patriot Desa, yang merupakan salah satu dari 12 program Gerbang Desa.

Patriot Desa adalah program pelatihan dan penempatan tugas bagi para pemuda untuk melaksanakan pembangunan di berbagai desa di Jabar.

Baca juga: Kembangkan Perdesaan, Pemuda Jawa Barat Jadi Patriot Desa

Sebagai kader penggerak desa dalam pembangunan, Patriot Desa dituntut untuk aktif dalam asistensi, pengorganisasian, pengarahan, kolaborasi, dan fasilitasi kepada desa.

Peran aktif tersebut bertujuan untuk mengembangkan ekonomi, meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat, kehidupan sosial, budaya, dan pengembangan partisipasi serta keswadayaan masyarakat.

Pada 2022, telah ada 200 pemuda yang ditugaskan menjadi Patriot Desa di 18 kabupaten dan satu kota di Jabar.

Jumlah total Patriot Desa sejauh ini adalah 1.650 pemuda yang ditugaskan menjadi penggerak lokal desa di Jabar untuk membantu meningkatkan strata desa.

Terdapat lima strata desa yang menjadi indikator dalam pembangunan desa, antara lain desa sangat tertinggal, desa tertinggal, desa berkembang, desa maju, dan desa mandiri.

Dalam pelaksanaannya, peran Patriot Desa bersama stakeholder terkait diharapkan dapat membantu desa dalam meningkatkan strata kemajuan dan kemandirian desa di Jabar.

Baca juga: Agar Makin Mandiri, Industri Alkes Dinilai Perlu Dukungan Penuh dari Stakeholder

Patriot Desa jadi salah satu aktor

Staf Senior Pemberdayaan Masyarakat Program Patriot Desa Jabar Koko Muhammad mengatakan, Patriot Desa menjadi salah satu aktor yang berperan dalam meningkatkan strata kemajuan dan kemandirian desa berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM).

“Hal yang mereka lakukan adalah menyusun inisiatif mandiri. Inisiatif mandiri disusun berdasarkan rekomendasi IDM, kemudian dipadukan dengan potensi desa yang ada,” jelasnya.

Sebagai langkah lebih lanjut, imbuh Koko, Patriot Desa tengah menyusun berbagai inisiatif mandiri untuk meningkatkan indikator indeks ketahanan sosial, ekonomi, dan ketahanan lingkungan secara nyata di lapangan.

Koko mencontohkan, misal di salah satu desa itu lemah dalam akses literasi sehingga muncul rekomendasi dibentuknya taman bacaan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com