Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamis Besok, DIY Perketat Pemeriksaan Pendatang di 3 Titik Perbatasan

Kompas.com - 10/02/2021, 13:03 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Dony Aprian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan personel untuk berjaga di tiga titik perbatasan.

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan pendatang mengantongi surat keterangan negatif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan rapid test antigen.

Ketiga titik perbatasan tersebut adalah Prambanan, Jalan Magelang, dan juga di Wates Kulon Progo.

“Pengecekan di tiga titik itu kita libatkan seluruh elemen karena perhubungan itu sesuai UU Nomor 22 tentang lalu lintas sudah tidak punya kewenangan memberhentikan kendaraan,” kata Plt Dishub DIY Ni Made Panti Dwipanti Indrayanti, Rabu (10/2/2021).

Baca juga: Talut Sepanjang 20 Meter di Yogyakarta Longsor

Pihaknya akan melakukan random check kepada warga yang akan masuk ke DIY.

“Tidak bisa semua kendaraan pribadi kita berhentikan dalam kurun waktu 24 jam itu bisa antre, enggak mungkin kita random chek dulu,” kata dia.

Pengecekan di tiga titik tersebut akan dimulai pada Kamis besok, mengingat libur panjang perayaan Imlek 2021 di akhir pekan.

“Fokus di Imlek karena liburnya lumayan Jumat, Sabtu, Minggu, coba kita lihat situasi saja,” kata dia.

Baca juga: PPKM Mikro di DIY, Pendatang Wajib Kantongi Hasil Negatif Rapid Test Antigen

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mewajibkan pendatang mengantongi surat keterangan negatif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan rapid test antigen selama masa penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) berbasis mikro.

Hal tersebut juga diberlakukan untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus Covid-19 di DIY saat libur panjang Imlek 2021.

"Kalau memang dia positif, ya kalau (menurut) saya ya tidak boleh masuk, karena itu artinya menimbulkan masalah baru," kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X (HB X) di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Selasa (9/2/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com