Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan di Brebes Putus Tergerus Longsor, PT KAI Berlakukan Jalur Tunggal

Kompas.com - 13/01/2021, 17:07 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - PT KAI Daop 5 Purwokerto untuk sementara memberlakukan jalur tunggal pada jalur kereta api (KA) antara Linggapura-Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Hal itu menyusul terputusnya jembatan pada jalur hulu akibat tergerus longsor.

PYMT Manajer Humas Daop 5 Purwokerto Hendra Wahyono mengatakan, perjalanan KA, khususnya yang dari arah Jakarta diharuskan berhenti terlebih dahulu di Stasiun Linggapura.

"Untuk sementara diharuskan berhenti terlebih dahulu di Stasiun Linggapura untuk mendapatkan yang kami sebut bentuk BK (berjalan jalur kiri)," kata Hendra melalui keterangan resmi, Rabu (13/1/2021).

Baca juga: Jembatan Rel KA Putus di Brebes, Penumpang dari Tegal ke Purwokerto Diangkut dengan Bus

Hal tersebut bertujuan agar masinis dapat memastikan jalur yang akan dilewati aman.

Lebih lanjut, Hendra menjelaskan, pilar penyangga jembatan hulu yang roboh disebabkan struktur tanah di bawahnya tergerus banjir.

PT KAI telah berupaya mengamankan jembatan yang roboh agar tidak mengganggu jembatan hilir yang masih dapat difungsikan dengan baik.

Selain itu, struktur sekitar fondasi jembatan jalur hilir juga telah diperkuat.

"Pilar-pilar yang menggantung nantinya akan diamankan dengan cara diturunkan secara bertahap. Selanjutnya kita menunggu jembatan baru yang akan dibangun oleh DJKA," ujar Hendra.

Baca juga: Jembatan Putus di Brebes Dibenahi, Perjalanan KA Normal Kembali

Diberitakan sebelumnya, jembatan KA di km 305+5/6 jalur hulu antara Linggapura-Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dilaporkan putus akibat tergerus longsor, Senin (11/1/2021) petang.

Perjalanan KA di lintas tengah kembali normal Selasa (12/1/2021) siang setelah dilakukan perbaikan konstruksi pilar jembatan sehingga dapat dilalui secara bergantian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com