Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Real Count Pilkada Seram Bagian Timur Data 32,94 Persen: Petahana Unggul dari 2 Lawannya

Kompas.com - 15/12/2020, 23:08 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

AMBON,KOMPAS.com - Pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 1, Abdul Mukti Keliobas-Idris Rumalutur, unggul sementara dari dua pesaingnya di Pilkada Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku.

Berdasarkan hasil real count yang ditampilkan di situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (15/12/2020), pasangan petahana yang diusung Partai Golkar, PAN, Nasdem, dan PKPI, ini memperoleh 37,9 persen suara.

Baca juga: Setelah Membunuh, Para Pelaku Foto Bersama Jasad Korban, Mereka Edarkan untuk Teror Warga

Sedangkan pasangan nomor urut 3, Rohani Vanath-Muhamad Ramli Mahu yang maju lewat jalur independen itu memperoleh 32,3 persen suara.

Sementara, pasangan nomor urut 2, Fahri Alkatiri-Arobi Kelian yang diusung koalisi PDI-Perjuangan, PKS, Hanura, PKB, PPP, Demokrat, dan Gerindra, memperoleh 29,8 persen suara.

Dari data yang ditampikan, jumlah suara masuk mencapai 32,94 persen atau 111 tempat pemungutan suara (TPS) dari total 337 TPS yang tersebar di Seram Bagian Timur.

Ketua Tim Pemenangan pasangan Mukti-Idris, Agil Rumakat optimitistis jagoannya menang setelah melihat data C1 KWK yang telah dikumpulkan saksi dari seluruh TPS.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Seram Bagian Timur, khususnya warga yang memilih Mukti-Idris.

Ia meminta para pendukung bersabar menunggu hasil keputusan resmi dari KPU.

“Kami menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh warga Seram Bagian Timur yang telah berjuang dan memenangkan pasangan Adil di Pilkada, mari kita kawal kemenangan ini hingga pleno KPU nanti,” kata Agil saat dihubungi dari Ambon, Selasa (15/12/2020).

Terkait hasil pilkada Seram Bagian Timur, pasangan Rohani Vanath-Muhamad Ramli Mahu bersama tim pemenangannya telah menyampaikan selamat kepada pasangan Mukti-Idris.

Baca juga: Keroyok Polisi dan Rusak Mobil Patroli, 4 Warga Kupang Ditahan

Sementara Ketua DPD PDI-Perjuangan Maluku, Murad Ismail yang juga gubernur Maluku telah mengakui kemenangan pasangan Mukti-Idris. Murad mengakui calon yang diusung kalah di Pilkada Seram Bagian Timur.

“Kalau Pilkada Seram Bagian Timur itu PDI-P tidak menang, yang menang itu petahana, petahana lebih bagus saja,” kata Murad di Kantor Gubernur Maluku, Senin (15/12/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com