Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Real Count KPU Pilkada Sungaipenuh, Anak Petahana Tertinggal

Kompas.com - 15/12/2020, 21:50 WIB
Suwandi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

JAMBI, KOMPAS.com - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ahmadi Zubir-Alvia Santoni unggul pada Pilkada Sungaipenuh versi Sirekap Web KPU dengan data masuk 100 persen.

Ahmadi-Antos unggul dengan perolehan suara 51,5 persen. Sedangkan rivalnya, anak Wali Kota Asafri Jaya Bakri (AJB), Fikar Azami yang berpasangan dengan Yos Ardino meraih perolehan suara 48,5 persen.

Pasangan 01 Ahmadi-Antos yang diusung PDI-P, PPP, dan Partai Berkarya ini unggul di empat kecamatan, yakni Pesisir Bukit, Hamparan Rawang, Pondok Tinggi dan Kotobaru dengan total suara 28.834.

Baca juga: Gakkumdu Tetapkan Wali Kota Sungaipenuh Sebagai Tersangka Pelanggaran Pilkada

Sementara Fikar-Ardino juga unggul di empat kecamatan yakni Sungaipenuh, Kumun Debai, Sungai Bungkal dan Tanah Kampung dengan total suara 27,137.

Ahmadi-Antos unggul di Kecamatan Pondok Tinggi 5.754 suara sedangkan Fikar-Yos 3.858.

Keduanya juga menang telak di daerah temat tinggal Ahmadi, yakni Pesisir Bukit, dengan perolehan 5.680 suara, sementara Fikar-Yos 1.939 suara.

Sementara Kecamatan Koto Baru, yang sempat terjadi konflik, Ahmadi-Antos juga meraih suara terbanyak. Paslon ini mendulang 3.285 suara, sementara Fikar-Yos 1.698 suara.

Selanjutnya, pasangan Fikar-Yos unggul di basis utamanya di Kecamatan Tanah Kampung dengan jumlah suara fantastis 5.207 suara dan Ahmadi-Antos 1.280 suara.

Lalu di Kumun Debai, Fikar-Yos juga unggul dengan perolehan 4.155 suara. Sedangkan Ahmadi-Antos berhasil menggaet 2.330 suara.

Pada daerah basis Yos Adrino, yakni Kecamatan Sungai Bungkal, pasangan Fikar-Yos unggul tipis 3.121 suara, sedangkan Ahmadi-Antos menangguk 2.838 suara.

"Ya, pasangan wali kota dari nomor urut satu unggul dengan data sudah 100 persen," kata Ketua KPU Sungaipenuh, Irwan melalui pesan singkat, Selasa (15/12/2020).

Baca juga: Rapat Pleno KPU Tasikmalaya Ricuh, Ratusan Pedemo Tolak Hasil Pilkada

Dia mengatakan untuk menetapkan pemenang, baru akan dilakukan pleno pada Rabu (16/12/2020) di Hotel Mahkota.

"Besok baru pleno. Nanti akan ditetapkan pemenang Pilwako Sungaipenuh," kata Irwan menjelaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com