Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Aliran Sungai di Banyumas Dipenuhi Busa Viral, DLH Turun Tangan

Kompas.com - 02/12/2020, 13:46 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANYUMAS, KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan salah satu aliran sungai di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dipenuhi busa beredar luas di media sosial.

Sungai tersebut disebut berada di Desa Sokaraja Kulon, Kecamatan Sokaraja, tepatnya di dekat Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Banyumas.

Camat Sokaraja Lukman Nazarudin mengungkapkan, fenomena munculnya busa di aliran sungai tersebut telah terjadi sejak setengah bulan lalu.

Baca juga: Buih dan Api Muncul di Bekas Longsoran Tanah, Bupati Terjunkan Ahli

Busa biasanya muncul pada pagi dan sore hari.

"Kemarin memang buih cukup banyak dibandingkan hari-hari sebelumnya, karena itu kan ada grujugan (air terjun kecil), jadi buihnya semakin banyak," kata Lukman kepada wartawan, Rabu (2/12/2020).

Lukman mengatakan, dugaan sementara fenomena itu akibat adanya pembuangan limbah. Namun di sekitar lokasi tidak ada kegiatan industri.

"Di daerah situ tidak ada industri, apakah ada orang yang membuang ke selokan, kemudian masuk ke sungai kita belum tahu," ujar Lukman.

Baca juga: Buih Putih Muncul di Pantai Bohay dan Gegerkan Warga Probolinggo

Untuk memastikan penyebab munculnya fenomena itu, kata Lukman, Forkompincam bersama petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyumas telah mengecek ke lokasi.

"Tadi dari pihak DLH juga sudah ke lokasi mengambil sampel. Masih dipastikan kandungannya, masih dites di laboratorium," kata Lukman.

Selain itu, pihaknya juga menelusuri aliran sungai dan memeriksa CCTV di depan SMP Negeri 2 Sokaraja.

Pasalnya di selokan sekitar sekolah tersebut juga ditemukan busa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com