Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longboat Terbakar Saat Mencari Ikan, 10 Nelayan Berlindung di Balik Rumpon

Kompas.com - 06/08/2020, 20:22 WIB
Defriatno Neke,
Khairina

Tim Redaksi

WAKATOBI, KOMPAS.com – Sebuah perahu longboat milik nelayan Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara terbakar saat sedang mencari ikan di Perairan Karang Kapota Wakatobi, Kamis (6/8/2020) dinihari. 

10 orang nelayan ditemukan dalam keadaan dan sebagian dievakuasi Tim Pos SAR Wakatobi.

“Kita menerima informasi ada longboat kecelakaan yaitu terbakar di bagian mesin. Mendengar laporan tersebut kami menindak lanjuti menurunkan Tim SAR gabungan dari Wakatobi,” kata Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi, melalui pesan pendeknya, Kamis (6/8/2020). 

Baca juga: Hutan Baluran Situbondo yang Terbakar Meluas Capai 15 Hektar

Sebelumnya, 10 orang nelayan dengan menggunakan longboat sepanjang 12 meter ini keluar melaut berangkat dari pelabuhan Matina Wanci.

Para nelayan tersebut mencari dan memanah ikan di bagian tenggara Karang Kapota, Rabu (5/8/2020) sore.

Saat mencari dan memanah ikan, malamnya mesin longboat tersebut terbakar dan menghanguskan bagian belakang longboat yang terbuat dari kayu. 

Belum diketahui diketahui penyebabnya terjadinya kebakaran tersebut. 

10 orang nelayan yang merupakan warga Desa Bente, Kecamatan Wangi-wangi, berhasil menyelamatkan diri dan sebagian berlindung di rumpon ikan yang terapung. 

“Tim SAR Gabungan berhasil menemukan seluruh POB dalam keadaan selamat  di antara karang kapota dan karang kaledupa,” ujar Aris. 

Baca juga: 5 Hektar Hutan Baluran Situbondo Terbakar karena Puntung Rokok Dibuang Sembarangan

Ia menambahkan, 4 orang nelayan kemudian dievakuasi dengan menggunakan perahu karet milik SAR sedangkan 6 orang nelayan lainnya menunggu di rumpon ikan. 

“6 nelayan ini menunggu di rompon untuk menarik longboat dgn menggunakan kapal milik rekan korban yang sudah dalam perjalanan,” ucap Aris. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com