Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pembawa 84 Ton Ikan ke Jakarta Tenggelam di Perairan Selayar

Kompas.com - 07/07/2020, 12:24 WIB
Kontributor Bulukumba, Nurwahidah,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SELAYAR, KOMPAS.com - Kapal mesin nelayan Naili 10 bermuatan 84 ton ikan tenggelam di Perairan Taka Lamungan, Selayar, Sulawesi Selatan, Sabtu (4/7/2020) pagi.

Ikan berbagai jenis yang dibawa kapal tersebut dari Nusa Tenggara Barat sejak 28 Juni 2020, rencananya dibawa ke Jakarta.

Petugas Jagawana Taman Nasional Taka Bonerate, Agusriadi (38), mengatakan mesin kapal itu sudah mulai bermasalah setelah melewati Selat Binongko, Sulawesi Tenggara.

Baca juga: Detik-detik Evakuasi Korban Kapal Tenggelam di Perairan Kupang, 2 Anak Tewas, 6 Masih Hilang

"Keesokan harinya kondisi kedua mesin kapal rusak berat akhirnya hanyut terombang ambing ditengah lautan, selama lima hari hanyut dan kandas. Akhirnya karam," kata Agusriadi.

Kondisi kapal sebelum tenggelam, kata Agusriadi, pecah di lambung kanannya. Keadaan itu membuat miring hingga akhirnya tenggelam.

"Nakhoda dan ABK telah meninggalkan kapal menggunakan rakit emergency dan hanyut saat ditemukan oleh tim penolong dari desa tarupa Selayar," kata Agusriadi

Sebanyak 13 nakhoda dan ABK sempat beristirahat di kediaman Kepala Dusun Tinabo, Desa Tarupa H Malik.

Baca juga: Kapal Tenggelam Dihantam Gelombang, 5 Penumpang Hilang, 1 Selamat

"Beberapa ABK sudah dijemput tadi pagi menuju Jakarta. Sementara yang masih tinggal Nahkoda dan Bass Kapal. Keduanya mengumpulkan barang berharga yang bisa diselamatkan," tambah Agusriadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com