Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Covid-19 Maluku Utara: Tambah 37 Kasus Positif, Ini Sebarannya

Kompas.com - 10/06/2020, 23:34 WIB
Dheri Agriesta

Editor

Sumber Antara

TERNATE, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Maluku Utara mengumumkan tambahan 37 pasien positif Covid-19 pada Rabu (10/6/2020).

Tambahan pasien positif itu didapatkan setelah memeriksa sejumlah spesimen menggunakan metode swab di Rumah Sakit Siloam Manado dan RSUD Chasan Boesorie.

Baca juga: Saya Tidak ke Mana-mana, Mungkin Tertular dari Data Covid-19 yang Diketik Setiap Hari

"Penambahan 37 orang pasien positif COVID-19 ini, maka secara keseluruhan pasien positif Malut menjadi 227 orang," kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf di Ternate, Rabu.

Alwi memerinci 37 pasien positif tersebut tersebar di beberapa kabupaten dan kota.

Di antaranya, 24 pasien dari Halmahera Utara, 11 pasien dari Ternate, dan masing-masing satu pasien dari Halmahera Barat dan Halmahera Timur.

Selain itu, Alwi mengatakan, empat pasien positif sembuh dari Covid-19 di Maluku Utara.

Mereka merupakan pasien 39, pasien 50, pasien 73, dan pasien 99. Mereka mendapatkan hasil negatif Covid-19 kedua berdasarkan alat TCM RSUD Chasan Boesorie.

"Jadi untuk itu kasus sembuh Covid-19 sampai dengan hari ini berjumlah 37 orang dan jumlah kasus meninggal 18 orang," katanya.

Pemprov Maluku Utara juga mencatat 1.017 orang tanpa gejala (OTG), 73 orang dalam pemantauan (ODP), dan 41 pasien dalam pengawasan (PDP).

Baca juga: Menkes Setuju Penerapan PSBB Ambon, Wali Kota: PKM Jadi Masa Uji Coba

Hingga saat ini, sebanyak 6.605 orang telah menjalani rapid test virus corona. Sebanyak 535 warga dinyatakan reaktif, yakni 271 OTG, 61 ODP, 36 PDP, dan 167 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit.

"Saat ini, sebanyak 39 orang menjalani perawatan di RSUD Chasan Boesoerie Ternate, 16 orang di antaranya positif Covid-19, satu orang ODP, dan 22 orang PDP. sedangkan karantina di Sahid Hotel sebanyak 87 orang dengan rincian 69 pasien terkonfirmasi positif, tiga orang OTG, PDP sembilan orang, dan enam orang pelaku perjalanan," kata Alwia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com