Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah di Jawa Tengah Diizinkan Kembali Buka, Ini Syaratnya

Kompas.com - 09/06/2020, 05:53 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Jumeri mengatakan kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat diizinkan kembali dibuka apabila memenuhi persyaratan.

Antara lain melaksanakan protokol kesehatan, berada di kabupaten atau kota zona hijau, dan selama dua minggu tidak ada penambahan jumlah pasien positif Covid-19.

Jumeri menyebut ada dua daerah di Jawa Tengah yang sekolahnya memungkinkan untuk dibuka kembali karena sudah dinyatakan sebagai zona hijau Covid-19 yakni Kota Tegal dan Kabupaten Rembang.

"Yang pasti zona hijau baru dua kabupaten dan kota yaitu Tegal (Kota) dan Rembang," kata Jumeri di Kantor Gubernur Jateng, Semarang, Senin (8/6/2020).

Baca juga: SMK Negeri di Bengkulu Ini Bebaskan Biaya Sekolah hingga Tamat

Kendati demikian, menurutnya membuka kembali sekolah di masa pandemi, bukan perkara mudah.

Sebab banyak juga siswa dari satu kabupaten yang bersekolah di kota lain.

"Nah kita nanti mengindentifikasi. Misalnya SMA 3 Semarang, murid dari Kendal berapa. Kalau Kendal masih merah, tidak boleh masuk dia (murid)," jelasnya.

Jumeri menjelaskan pihaknya mengubah rencana untuk mengundang orangtua murid terkait pengambilan rapor untuk datang ke sekolah pada 12 Juni 2020 dengan diganti secara virtual.

"Tadinya akan mengundang orangtua siswa. Tetapi sekarang tetap mengundang orang tua, tapi secara virtual. Karena kondisi Jawa Tengah belum bagus," tuturnya.

Lebih lanjut, Jumeri menerangkan pihaknya juga tengah melakukan persiapan yang mengacu Kementerian Pendidikan.

"Bahwa ada syarat-syarat tertentu sekolah bisa membuka pembelajaran tatap muka kembali. Dinas Pendidikan sendiri sudah menyiapkan protokol kesehatan untuk sekolah, petunjuk teknis untuk penyiapan gugus tugas di sekolah, protokol berangkat sekolah, pulang dari sekolah, pengaturan manajemen pendidikan, pengaturan kurikulum, itu kita buat," ujarnya.

Baca juga: Jalani Rapid Test Corona, 22 Pengawas dan Kepala Sekolah di Jombang Dinyatakan Nonreaktif

Saat ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memang terus menyiapkan diri menghadapi new normal di berbagai sektor termasuk pendidikan yakni kesiapan sekolah yang ada di Jawa Tengah.

Diketahui, sekolah di Jateng sendiri rencananya akan mulai masuk pada 13 Juli 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com