Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaster Gowa Sumbang Lima Pasien Positif di Temanggung

Kompas.com - 14/05/2020, 10:46 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Dony Aprian

Tim Redaksi

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Jumlah pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, meningkat signifikan sebanyak 10 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Temanggung Gotri Wijiyanto menjelaskan, dari 10 orang tersebut, 5 orang berasal dari klaster Gowa dan 5 orang lainnya memiliki riwayat kontak dengan klaster Gowa.

"Data terbaru per 13 Mei 2020 bertambah 10 orang. Dari klaster Gowa 5 orang, dan kontak erat dengan mereka 5 orang. Sehingga total pasien positif yang masih dirawat 38 orang," jelas Gotri saat dihubungi wartawan, Kamis (14/5/2020).

Baca juga: Pasien Positif Corona di Temanggung Tambah 11 Orang, 8 dari Klaster Gowa

Adapun 10 orang tersebut berasal dari Kecamatan Kandangan 5 orang, Tembarak 2 orang, Temanggung 1 orang, Kranggan 1 orang dan Ngadirejo 1 orang. 

"Kabar baiknya, ada juga penambahan pasien positif Covid-19 yang sembuh mencapai 5 orang, sehingga total sembuh 11 orang," imbuh Gotri.

Gotri memaparkan, penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Temanggung terbanyak disumbang dari klaster Gowa dan Anak Buah Kapal (ABK) Brasil.

Baca juga: Viral Video Bupati Temanggung Kongkow saat Pandemi Corona, Ini Faktanya

Saat ini, kata dia, petugas gugus tugas masih terus mentracing terhadap dua klaster ini, begitu juga dengan klaster lainnya. 

Petugas telah melakukan rapid test terhadap 407 orang yang sebagian besar dari klaster tersebut.

Hasilnya, sebanyak 80 orang dinyatakan reaktif Covid-19.

"Sebanyak 80 orang itu akan dilanjutkan dengan tes swab. Mereka ada yang melakukan isolasi diri di rumah namun banyak yang kita isolasi di gedung BLK Temanggung. Kita persiapkan juga Gedung Pemuda Temanggung, agar mempermudah penganannya," jelas Gotri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com