Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Bupati Temanggung "Kongkow" saat Pandemi Corona, Ini Faktanya

Kompas.com - 12/05/2020, 11:53 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Dony Aprian

Tim Redaksi

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Bupati Temanggung, Jawa Tengah, M Al Khadziq belum lama ini menjadi sorotan warganet setelah videonya viral di media sosial.

Dalam video itu, Khadziq terlihat duduk sembari bermain gitar.

Tampak di sampingnya sebuah minibar yang menyajikan beragam kopi lengkap dengan baristanya.

Sekilas Khadziq terlihat sedang berada di sebuah kafe.

Hal itu memicu reaksi warganet yang sebagian besar mengkritik perbuatan Khadziq tak pantas saat pemerintah menggalakkan gerakan #dirumahaja selama pandemi Covid-19.

Saat dikonfirmasi, Khadziq menyangkal dirinya sedang nongkrong di kafe.

Baca juga: Pasien Positif Corona di Temanggung Tambah 11 Orang, 8 dari Klaster Gowa

Dijelaskannya, foto dan video itu berada di Pendopo Pengayoman yang saat ini dijadikan sebagai Posko Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Temanggung. 

Di salah satu sudut posko, terdapat rak-rak kopi arabica dan robusta asli Temanggung untuk pelepas dahaga para anggota gugus yang baru pulang menjalankan tugas.

Untuk foto dan video yang viral, dirinya beserta beberapa anggota gugus tugas hendak memulai rapat untuk mempersiapkan rencana operasi masker di seluruh pasar di Kabupaten Temanggung jelang lebaran.

"Pada saat itu masih ada dua orang yang belum hadir, maka sambil menunggu keduanya hadir ia berinisiatif minta diambilkan gitar untuk membuat suasana jadi rileks. Baru satu setengah lagu ternyata kedua orang itu hadir, maka bupati berhenti menyanyi dan langsung membuka rapat," ujar Khadziq dalam keterangan tertulis, yang diterima Selasa (12/5/2020).

Baca juga: Sebanyak 22 Jemaah Ijtima Ulama Gowa asal Temanggung Reaktif Covid-19

Adanya fasilitas kopi di posko semata-mata agar suasana tidak membosankan, setelah para anggota gugus tugas menangani percepatan Covid-19.

"Itu tempat untuk mengurusi seluruh masyarakat Temanggung yang sedang bergelut melawan virus corona. Kami persilakan masyarakat untuk melihat langsung ke posko, di sana anggota gugus bekerja siang dan malam," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com