Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Besok, Jam Operasional Ritel di Manado Dibatasi

Kompas.com - 13/05/2020, 20:33 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com -Jam operasional ritel di Kota Manado, Sulawesi Utara, dibatasi mulai, Kamis (14/5/2020).

Dengan pembatasan jam operasional ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado akan mengeluarkan maklumat sehubungan dengan menyiapkan protokol kesehatan bagi usaha ritel di Kota Manado.

Maklumat itu dimaksud agar menjadi pedoman bagi karyawan dan pengunjung ritel pada jam operasional usaha guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Baca juga: Pemandu Wisata di Manado Sambung Hidup Jadi Pengemudi Online dan Jualan Masker

Kebijakan ini terungkap dalam rapat lewat video conference (vicon) Wali Kota Manado Vicky bersama sejumlah perwakilan ritel dan jajaran instansi terkait Pemkot Manado, Rabu (13/5/2020).

"Setelah mendengar beberapa opsi yang diusulkan, saya memutuskan untuk jam operasional usaha ritel di Manado mulai pukul 09.00 Wita hingga pukul 21.00 Wita,” kata Vicky seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu.

"Keputusan ini akan diberlakukan mulai besok," tuturnya.

Dia menjelaskan, keputusan tersebut diterima semua perwakilan ritel yang hadir seperti Fresh Mart, Galaxy Mart, Multimart, Smart Store, Golden Swalayan, Transmart, Lotte Mart, Alfamart, Indomaret, Paniki Jaya, Fiesta Ria, Alfamidi, Jumbo Swalayan, Indogrosir dan Hypermart.

Baca juga: Pemprov Sulut Belum Terpikir untuk Terapkan PSBB

Menurut Vicky, kebijakan ini untuk mencegah terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) massal akibat penutupan usaha.

Selain itu, untuk menjaga usaha ekonomi tetap berjalan dengan baik di Kota Manado termasuk menopang keseimbangan ekonomi nasional.

“Jadi, jam operasional ini berlangsung sampai masa tanggap darurat Covid-19 pada 29 Mei nanti, sambil melihat perkembangan jika terjadi penambahan korban pasien Covid-19 di Manado, saya akan undang untuk diskusi kembali,” ujar Vicky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com