Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Melahirkan 14 Hari, Perempuan Usia 22 Tahun Dinyatakan Positif Corona

Kompas.com - 30/04/2020, 10:41 WIB
Zakarias Demon Daton,
Khairina

Tim Redaksi

SAMARINDA, KOMPAS.com – Seorang perempuan usia 22 tahun dinyatakan positif virus corona setelah melahirkan bayinya yang masih usia 14 hari, Selasa (28/4/2020).

Sebelum positif, warga Desa Labangka, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur ini, sudah berstatus orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 saat sedang hamil.

Dia melakukan kontak erat dengan tiga pasien yang sudah positif corona sebelumnya dari klaster Ijtima Ulama Dunia, Gowa, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Pasien Positif Corona di Temanggung Tambah 11 Orang, 8 dari Klaster Gowa

Setelah lahir, tim medis sempat melakukan rapid test terhadap bayinya dan hasilnya reaktif. Namun setelah swab ternyata negatif. Hanya ibunya yang positif.

“Kita doakan semoga bayi tersebut tetap sehat. Hasil swab bayinya negatif,” ungkap Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Masud saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/4/2020).

Karena punya bayi, pasien ini menjalani tidak menjalani isolasi di rumah sakit, hanya di rumah bersama bayinya.

Tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan PPU telah membekali sejumlah arahan merawat bayi agar tak terjangkit, terlebih saat menyusui.

“Kita wajibkan ibunya selalu pakai masker. Untuk bayinya kita beri alat perlindung, ketika menyusui pun aman,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan PPU, Arnold Wayong terpisah.

Baca juga: Kabur dari RS, Pasien Positif Corona Jalan Kaki 10 Km dan Shalat Subuh di Masjid

Arnold mengatakan pasien tersebut terpapar karena transmisi lokal. Sebab, yang bersangkutan tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah.

Hanya, dia satu rumah dengan iparnya dan dua tetangganya yang sudah dinyatakan positif sebelumnya dari klaster Ijtima Ulama Dunia, Gowa, Sulawesi Selatan.

Hingga Rabu (29/4/2020), total pasien positif corona di PPU berjumlah 15 orang, satu diantaranya dinyatakan sembuh, pada Selasa (28/4/2020).

Tersisa 14 pasien lain yang masih mendapat perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung, PPU.

Sementara, pasien dalam pengawasan (PDP) yang masih menunggu hasil pemeriksaan lanjutan sebanyak 14 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com