Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Corona Sumbar 28 April: 68 Kasus Baru Selama PSBB, Total Pasien Positif Jadi 144

Kompas.com - 28/04/2020, 22:12 WIB
Perdana Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Satu minggu pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), jumlah kasus positif Covid-19 di Sumatera Barat terus meningkat.

Tercatat sejak pelaksanaan PSBB ditemukan 68 kasus positif baru sehingga total saat ini ada 144 warga Sumbar positif Covid-19.

Pada awal pelaksanaan PSBB, Rabu (22/4/2020) lalu tercatat ada penambahan lima kasus baru sehingga total saat itu ada 81 kasus positif.

Kemudian pada hari kedua PSBB, Kamis (23/4/2020) tambah lima kasus baru dan total 86 kasus.

Baca juga: 25 Santri Sumbar Pulang dari Ponpes Temboro Magetan, Dikarantina di Rusunawa

Jumlah positif Covid-19 meningkat menjadi 96 kasus pada Jumat (24/4/2020) setelah ada 10 kasus baru.

Pada Sabtu (25/4/2020) terjadi penurunan kasus baru jadi satu orang dan Minggu (26/4/2020) lima kasus baru.

Peningkatan drastis terjadi kemarin dengan ada 19 kasus baru sehingga total 121 positif Covid-19.

"Hari ini ada 23 kasus baru positif Covid-19 sehingga total 144 kasus positif Covid-19 di Sumbar," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/4/2020).

Jasman merinci penambahan terrbanyak dari kota Padang yaitu 18 orang dan semuanya isolasi mandiri di rumahnya masing-masing di bawah pengawasan ketat tim kesehatan.

Tambahan 18 orang ini umumnya bersifat transmisi lokal berdasarkan pengembangan dan tracing dari orang yang terinfeksi sebelumnya dan masih berputar dalam cluster yang sama.

Baca juga: Evaluasi Satu Minggu PSBB di Sumbar, Pasar dan Masjid Masih Ramai

Mereka berasal dari berbagai wilayah di kota Padang, antara lain dari Parak Karakah, Subarang Padang, Kuranji, Aua Duri, Nanggalo, Korong Gadang, komplek Cendana, kawasan Padang Timur, Gurun Laweh, Gunuang Pangilun, Balimbiang dan Tanah Sirah.

Kabupaten Solok mengalami peningkatan sebanyak tiga orang yang semuanya berasal dari Surian karena terinfeksi dengan warga sebelumnya yang juga telah positif.

"Semuanya sekarang isolasi mandiri di rumahnya masing-masing," jelas Jasman.

Dari Sintuak Kabupaten Padang Pariaman dan dari Kecamatan Payakumbuah Selatan, Kota Payakumbuah juga terkonfirmasi telah  bertambah masing-masing satu orang lagi dan juga isolasi mandiri dirumahnya masing-masing.

"Alhamdulillah, dari RSUP M Jamil Padang dilaporkan ada pasien covid-19 yang telah sembuh, warga Koto Tangah, Wanita 59 tahun dan pekerjaan sebagai Ibu Rumah Tangga. Sehingga total yang telah sembuh dari covid-19 sampai hari ini adalah sebanyak 24 orang," jelas Jasman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com