Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Ini Batasi Tamu Berkunjung 15 Menit untuk Cegah Virus Corona

Kompas.com - 22/04/2020, 11:56 WIB
Sukoco,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MAGETAN, KOMPAS.com – Desa Melangasri di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, membatasi jam berkunjung tamu di rumah warga hanya 15 menit untuk mencegah meluasnya penularan virus corona.

Kepala Desa Melangasri Anggit Ardiyanto mengatakan, pembatasan jam bertamu bagi warga dari luar desanya memang diberlakukan di sejumlah kawasan sesuai dengan kesepakatan warga.

Baca juga: Tiba di Makassar, 16 Santri Ponpes Al Fatah Temboro Magetan Rapid Test, Hasilnya Reaktif

 

“Tidak semua wilayah menerapkan, ini usulan dari sejumlah warga untuk mencegah penyebaran virus corona. Kami menyetujui saja kalau sudah menjadi kesepakatan warga,” ujar Anggit, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (22/4/2020).

Anggit menambahkan, untuk mengawasi pelaksanaan pembatasan jam bagi tamu dari luar desa diserahkan kepada lingkungan.

Di setiap lingkungan yang memiliki jalan penghubung dengan jalan kabupaten maupun provinsi warga membuat pos untuk pemeriksaan.

“Tidak ditutup total, tapi untuk mengawasi siapa saja yang keluar masuk kampung. Kalau dari luar desa ya harus lapor,” imbuh dia.

Dari laman satgas covid 19 Jatim http://infocovid19.jatimprov.go.id/ yang diunggah Selasa (21/4/2020) peta penanganan virus corona di Magetan tercatat jumlah kasus positif sebanyak 10 orang dengan 8 pasien positif sembuh, pasien meninggal 1 orang dan pasien menjalani perawatan di RSUD Soedono Madiun 1 orang.

Baca juga: Saling Menguatkan, Warga Magetan Cantolkan Makanan di Pagar Rumah Pasien Positif Covid-19

 

Pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 25 orang, dengan 7 orang dalam pengawasan, 13 pasien selesai menjalani pengawasan dan 5 pasien meninggal dunia.

Sementara, orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 165, di mana 43 orang dalam pantauan, 120 orang selesai menjalani pantauan dan 2 orang meninggal dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com