Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

47 TKI dari Malaysia Masuk Secara Ilegal ke Perairan Nongsa Batam, Diselamatkan Bakamla Zona Maritim Barat

Kompas.com - 15/04/2020, 11:50 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Badan Keamanan Laut (Bakamla) Zona Maritim Barat berhasil menyelamatkan 47 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang dari Malaysia melalui jalur tidak resmi atau illegal.

Ke-47 TKI tersebut tersebut diketahui masuk melalui perairan Teluk Mata Ikan, Nongsa, Batam, Kepulauan Riau (Kepri). 

Mereka saat ini sudah dibawa ke Mako Bakamlan Zona Barat di Jembatan dua Barelang.

Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksamana Pertama Bakamla Eko Murwanto mengatakan kejadian berawal saat kapal Bakamla Zona Maritim Barat, Kapal Catamaran 508 melakukan patroli di perairan Selat Riau atau tepatnya di Karang Galang.

Baca juga: 17 TKI Ilegal dari Pulau Sikincan Malaysia Diamankan di Tanjung Balai

Petugas curiga saat sisir pantai Nongsa

Saat menyisir sekitar Pantai Nongsa, sekitar pukul 02.00 WIB, Rabu (15/4/2020) dini hari, petugas melihat ada sekelompok orang di pinggir pantai dan saat bersamaan, sebuah kapal cepat juga terlihat keluar dari Pantai Nongsa.

“Saat itulah petugas kemudian mendekati sekelompok orang yang berkumpul tersebut dan diketahuilah bahwa mereka adalan TKI yang baru pulang dari Malaysia melalui jalur tidak resmi,” kata Eko melalui telepon, Rabu (15/4/2020).

Eko melanjutnya, keberadaan 47 TKI tersebut langsung mendapatkan penolakan dari masyarakat sekitar.

Sehingga petugas Bakamla langsung mengevakuasi 47 TKI tersebut ke Pangkalan Armada Bakamla Zona Barat di Jebatan dua Barelang dengan Kapal Catamaran 508.

Baca juga: Hasil Rapid Test, TKI di Polewali Mandar Terindikasi Positif Covid-19

Jika sakit, dikarantina di Pulau Galang 

Badan Keamanan Laut (Bakamla) Zona Maritim Barat berhasil selamatkan 47 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang dari Malaysia melalui jalaur tidak resmi atau illegal. Ke 47 TKI tersebut tersbut diketahui masuk mellaui perairan Teluk Mata Ikan, Nongsa, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) dan saat ini sudah dibawa ke Mako Bakamlan Zona Barat di Jembatan dua Barelang.DOK HUMAS BAKAMLA Badan Keamanan Laut (Bakamla) Zona Maritim Barat berhasil selamatkan 47 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang dari Malaysia melalui jalaur tidak resmi atau illegal. Ke 47 TKI tersebut tersbut diketahui masuk mellaui perairan Teluk Mata Ikan, Nongsa, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) dan saat ini sudah dibawa ke Mako Bakamlan Zona Barat di Jembatan dua Barelang.
Bahkan untuk memastikan kesehatan ke 47 TKI tersebut tidak terpapar virus corona atau Covid-19, saat ini ke 47 TKI tersebut sedang dilakukan pemeriksaan kesehatannya di dermaga Bakamla Zona Maritim Barat.

Dari hasil pendataan, 47 TKI ini memiliki tujuan sebagian besar ke Lombok,  ke Aceh sebanyak lima orang dan satu orang tujuan ke Cilacap.

“Kondisi TKI tersebut dalam keadaan sehat, karena suhu tubuhnya rata-rata berkisar 33 - 36 derajat celcius dan mereka akan diserahkan ke petugas kesehatan wilayah untuk ditangani sesuai protokol," kata Eko. 

"Bila ada gejala, mereka akan dikarantina di RS Khusus Infeksi Covid-19 di Pulau Galang," pungkas Eko.

Baca juga: Bikin Prihatin, TKI Perempuan dan Anak Pulang Seadanya dari Malaysia, hanya Bawa Baju di Badan...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com