Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual Cincin Emas, Wanita di Aceh Sumbangkan Masker dan Hand Sanitizer ke Driver Ojol

Kompas.com - 05/04/2020, 13:43 WIB
Raja Umar,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Damma Yanti, seorang karyawan swasta di Kota Banda Aceh rela menjual cincin emasnya dan uang simpanan sisa gaji beberapa bulan lalu untuk membeli masker, hand sanitizer, vitamin, madu saset, camilan, serta minuman.

Semua itu kemudian dibagi-bagikan kepada rumah sakit rujukan Covid-19 di Banda Aceh, tukang becak, pengemudi ojek online serta pengguna kendaraan.

“Aksi ini saya lakukan karena prihatin dengan kondisi tenaga medis tidak dibekali alat pelindung diri yang memadai, kemudian driver ojol dan tukang becak yang masih berjuang menafkahi keluarga juga tidak ada perhatian dari pemerintah,” kata Damma, kepada Kompas.com, Minggu (5/4/2020).

Baca juga: UPDATE 5 April: 30 Pasien Positif Covid-19 di Jatim Sembuh, ODP 10.116 Orang

Pembagian masker dan hand sanitizer untuk mencegah penyebaran virus corona di kawasan pusat Kota Banda Aceh.

Sebanyak 500 lembar masker non medis dan 200 botol hand sanitizer ludes terbagi hanya dalam waktu selama 30 menit saja.

Tak hanya pengemudi ojol dan tukang becak yang menjadi sasaran, banyak juga pengguna kendaraan roda dua yang sedang melintas ikut mengantre.

Kemacetan sempat terjadi beberapa saat selama Damma dan beberapa rekannya membagikan kepada warga.

“Sasaran awal kami masker dan hand sanitizer ini untuk driver ojol dan tukang becak, tapi banyak juga pengguna kendaraan yang berhenti karena tidak memakai masker,” kata dia.

Baca juga: Cara Lapas di Ngawi Perangi Corona: Napi Berjemur, Penjara Disemprot Kapur Barus Campur Minyak Tanah

Sementara kepada petugas medis di Rumah Sakit Meuraksa Banda Aceh, tak hanya membagikan masker dan hand sanitizer, Damma juga mengantarkan minuman, vitamin, madu saset, dan camilan.

“Aksi ini saya lakukan satu sisi saya kecewa dengan wakil rakyat dan pemerintah yang terkesan tidak peduli nasib rakyat di saat kondisi seperti ini. Semoga saja pengusaha, orang kaya, dewan yang dipilih oleh rakyat mau berbagi rejeki kepada masyarakat yang kehilangan mata pencaharian selama virus corona mewabah,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com