Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temui Risma, Pemerintah Belanda Berencana Investasi di Surabaya

Kompas.com - 12/03/2020, 16:34 WIB
Ghinan Salman,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menerima kunjungan kerja Wakil Menteri Bidang Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Pembangunan Belanda Peter Potman di ruang kerja wali kota, Balai Kota Surabaya, Kamis (12/3/2020).

Dalam kunjungannya itu, Peter mengaku kagum melihat pertumbuhan ekonomi yang pesat di Kota Surabaya.

Ia pun mengundang beberapa investor asal Belanda dan Indonesia untuk berkolaborasi dan berinvestasi di Kota Surabaya.

Baca juga: Klarifikasi Risma Soal Timbun Masker, Pengalaman Meletusnya Kelud hingga Simpan di Kelurahan

Adapun investasi itu terdiri dari berbagai sektor, terutama di bidang kualitas air dan pengelolaan limbah.

"Kita berbicara soal kualitas air dan pemanfaatan limbah. Seperti menghasilkan air siap minum dan membuat produk yang bagus dari limbah sampah," kata Peter di Balai Kota Surabaya, Kamis.

Selain itu, kerja sama bidang ekonomi nantinya juga akan diterapkan.

Ia menilai Risma telah berhasil memberikan wadah inovasi dan kolaborasi kreatif bagi anak muda dalam meningkatkan ekonomi, sehingga dapat membuka peluang pekerjaan baru bagi generasi milenial.

"Di situ peluang ekonomi baru tumbuh. Anak muda mendapat sesuatu yang baru. Saya mempunyai beberapa perusahaan Belanda yang sudah berinvestasi di Kota Surabaya, mereka ingin berinvestasi lebih agar semakin banyak lapangan kerja dan ekonomi di Surabaya bisa semakin tumbuh lagi," ujar dia.

Peter juga menyebut Pemerintah Belanda akan meningkatkan kolaborasi dalam bidang peningkatan manajemen, mengurangi penggunaan plastik, termasuk mendaur ulang sampah menjadi barang yang bernilai.

Ia menambahkan, ini kali kedua dirinya berkunjung ke Surabaya, di mana kunjungan pertama dilakukan dua tahun lalu.

"Ini kedua kalinya saya datang ke Surabaya. Dua tahun lalu saya datang untuk menilik kesiapan progres. Sekarang keadaannya terlihat sangat prospek dan saya mempunyai pandangan yang bagus tentang Surabaya," ujar dia.

Baca juga: Wanti-wanti Warga yang Batuk Pilek dan Sesak Napas Periksa ke RS, Risma: Semua Biaya Ditanggung

Seusai bertemu Risma, Peter beserta rombongan diajak wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu melihat pemandangan kota dari balkon balai kota.

Turut hadir dalam kunjungan itu, Kepala Deputi Departemen Ekonomi Kedutaan Besar Belanda Joost Nuijten, Staf Urusan Ekonomi Kedutaan Besar Belanda Indry Kateriamalia dan Staf Senior Urusan Kebijakan Departemen Perusahaan International Matthijs Van Der  Hoorn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com