Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Diberi Nama, Jembatan Karawang-Bekasi Diresmikan

Kompas.com - 12/02/2020, 21:01 WIB
Farida Farhan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Jembatan sepanjang 1,2 kilometer yang menghubungkan Rengasdengklok, Karawang, dengan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, diresmikan pada Rabu (12/2/2020) sore.

Puluhan tahun, masyarakat Pebayuran dan Rengasdengklok mengandalkan ojek perahu sebagai sarana untuk menyeberang. Jika pun tidak harus memutar, mereka harus melewati Tanjungpura atau Batujaya.

Jembatan ini dibangun tak jauh dari lokasi rumah asli Djiaw Kie Siong, petani Karawang, yang digunakan untuk mengamankan Soekarno dan Mohammad Hatta di Rengasdengklok oleh tentara PETA, sebelum pindahkan lantaran dilanda banjir.

Baca juga: Pemerintah akan Bangun Jembatan Pulau Mansinam, Berharap Jadi Ikon Manokwari

Meski diresmikan dan sudah digunakan sebagai sarana transportasi masyarakat Rengasdengklok dan Pebayuran, namun jembatan ini belum diberi nama.

"Kami sedang berkomunikasi soal nama. Ada beberapa nama usulan, tapi belum bisa kami sebutkan," ujar Bupati Karawang Cellica Nurachadiana usai peresmian.

Cellica menyebut pihaknya sengaja memperindah jembatan dengan menaruh pot disertai tanaman hias, agar bisa digunakan selfie.

"Karena saat ini banyak yang suka selfie. Sebelum diresmikan juga banyak masyarakat yang sengaja datang untuk berfoto," kata dia.

Cellica mengajak masyarakat di dua kabupaten untuk bersama-sama merawat dan menjaga jembatan itu. Misalnya dengan tidak mencorat-coret.

"Kalau dicorat-coret saya denda nanti," kata dia.

Bupati Kabupaten Bekasi Eka Supria Atmaja berharap dibangunnya jembatan ini mengakrabkan hubungan masyarakat Rengasdengklok dan Pebayuran, menumbuhkan roda perekonomian, dan mengurangi kemacetan.

"Bebesanan juga lebih gampang, tidak peelu menggunakan perahu (penyebarangan)," kelakar Eka.

Baca juga: Pangandaran Bakal Bangun Jembatan Cinta

Jembatan ini dibangun dengan biaya sekitar Rp 85,2 miliar dengan rincian APBD Kabupaten Karawang sebesar Rp 38,3 miliar, APBD Kabupaten Bekasi Rp 22,2 miliar, serta Pemprov Jabar sebesar Rp 24,7 miliar.

keyword foto: Jembatan Belum Bernama yang Menghubungkan Karawang Bekasi

nomor hp 08128642527

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com