Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkes: WNI yang Dikarantina Sangat Senang Dikunjungi Menhan Prabowo

Kompas.com - 05/02/2020, 17:29 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

NATUNA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan RI Terawan Agus mengatakan, 238 WNI yang dikarantina di Natuna merasa senang setelah dikunjungi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Rabu (5/2/2020).

Hal itu, kata Terawan, terlihat dari antusiasnya 238 WNI saat bertemu Prabowo. Mereka keluar dari gedung karantina hanya untuk menjumpai Menhan Prabowo.

"Saya menyaksikan langsung betapa senangnya 238 WNI saat melihat pak Menhan mengunjungi mereka. Saat itu saya di belakang Pak Menhan, dan benar-benar taharu saya melihat 238 WNI yang bangga melihat Pak Menhan," kata Terawan kepada wartawan, Rabu.

Baca juga: Prabowo dan Terawan Temui WNI di Karantina Natuna Pakai Masker Biasa

Terawan mengatakan, sampai saat ini kondisi 238 WNI yang dikarantina menunjukkan hasil yang baik.

Setiap jadwal yang dibuat untuk kegiatan mereka sehari-hari juga dijalankan penuh dengan tanggung jawab.

Mulai dari ibadah, berolahraga hingga kegiatan sehari-hari lainnya.

"Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada yang mengeluhkan sakit, namun karena sudah standar dari PBB dan WHO, untuk saat ini mereka belum bisa ditemui secara dekat," jelas Terawan.

Namun Terawan memastikan ke 238 WNI yang dikarantina dalam kondisi yang sehat.

Ditanyai kapan mereka bisa keluar dari karantina, Terawan mengatakan sebagaimana protap kesehatan yang telah dibuat, mereka bisa kembali setelah melalui proses karantina selama 14 hari.

"Karena selama 14 hari itu, baru mereka benar-benar dinyatakan sehat seperti standar PBB dan WHO yang telah ditetapkan terhadap virus corona ini," katanya.

Prabowo puji TNI dan petugas medis

Sementara itu, selain mengunjungi 238 WNI di karantina, Menteri Pertahanan dan Kemanan (Menhan) RI Prabowo Subianto yang didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus juga menyempatkan diri bertemu dengan sejumlah personel TNI yang di bawah komando Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I).

Dalam pertemuan itu, Prabowo mengapresiasi kerja keras TNI dan Kementerian Kesehatan yang telah mempertaruhkan kesehatan mereka hanya untuk menyelamatkan anak bangsa yang terancam virus mematikan setelah berhasil dievakuasi dari Wuhan, China.

Baca juga: Antisipasi Virus Corona, Kemenkes Siapkan 16 Posko Kesehatan di Natuna

Apresiasi dan penghargaan itu juga ditandai dengan diberikannya bantuan berupa obat-obatan serta multivitamin kepada personel TNI dan Kementerian Kesehatan yang bertugas di sekitar lokasi karantina.

"Saya sangat bangga dan mengapresiasi kerja keras personel TNI dan personel Kementerian Kesehatan. Bantuan ini pribadi dari saya, dan saya harapkan teruslah semangat dalam menjalankan misi negara, misi kemanusiaan meski dilakukan tanpa pamrih," kata Prabowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com