Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Virus Corona, Kemenkes Siapkan 16 Posko Kesehatan di Natuna

Kompas.com - 05/02/2020, 17:26 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NATUNA, KOMPAS.com - Menimalisir kecemasan masyarakat Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) dengan adanya aktivitas karantina terhadap 238 WNI yang baru tiba dari Wuhan, China beberapa hari yang lalu.

Kementerian Kesehatan RI bersama Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Kesehatan Natuna membuat sejumlah posko kesehatan.

Bahkan jumlah posko kesehatan yang dibuat berjumlah 16 posko yang tersebar di seluruh Kabupaten Natuna.

"Ada 16 posko kesehatan yang disiapkan, hadi tidak saja untuk masyarakat Ranai, bahkan seluruh masyarakat Kabupaten Natuna," kata Menteri kesehatan dr Terawan, Rabu (5/2/2020).

Baca juga: Prabowo dan Terawan Temui WNI di Karantina Natuna Pakai Masker Biasa

Menkes Terawan menjelaskan posko tersebut berada di masing-masing puskesmas yang ada di Natuna, hingga puskesmas pembantu.

Posko khusus warga Natuna

Senada diungkapkan Bupati Natuna Hamid Rizal yang mengaku posko kesehatan ini berada di seluruh pelosok Natuna, sebab posko berada di setiap kecamatan.

Dan karena di Kabupaten Natuna ada 15 kecamatan, otomatis posko kesahatan ini berjumlah 15 unit.

"Khusus untuk Ranai ada dua posko, yakni ada posko kesehatan tambahan yang didirikan di pantai Piwang tepat ditengah-tengah kota Ranai," jelas Hamid.

Baca juga: Tiba di Natuna, Menhan dan Menkes Langsung Gelar Rapat Tertutup

Hamid mengatakan posko ini merupakan posko untuk melayani masyarakat Natuna yang mengalami gangguan keaehatan, muali dari panas dalam, batuk pilje hingga deman.

"Jadi masyarakat yang merasa kurang enak badan, bisa langsung ke posko kesehatan tersebut dan akan langsung mendapatkan perawatan kesehatan," papar Hamid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com