Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Didatangi Turis China, Bandara Sam Ratulangi Serius Antisipasi Virus Corona

Kompas.com - 24/01/2020, 08:16 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, serius mencegah penyebaran virus corona yang tengah mewabah di China.

Apalagi, kunjungan wisatawan China di Sulawesi Utara melalui Bandara Sam Ratulangi Manado, sepanjang 2019 tercatat mengalami peningkatan sebesar 8,5 persen dibanding tahun sebelumnya.

Untuk itu, pengecekan terhadap para penumpang asal China yang datang ke Manado ditingkatkan.

“Upaya pencegahan kami lakukan dengan melakukan pendeteksian, mengamati setiap penumpang yang tiba dari China, dengan menggunakan alat thermal scanner yang sudah terpasang di area kedatangan internasional Bandara Sam Ratulangi Manado," ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Manado Yohanis Patari, seperti dikutip dari rilis tertulis, Kamis (23/1/2020).

Baca juga: Arab Saudi Membantah Adanya Kasus Virus Corona di Negaranya

Jika penumpang asal China yang mendarat di Bandara Sam Ratulangi sedang demam akan langsung dibawa ke ruang karantina.

Yohanis juga mengimbau setiap petugas di bandara yang mengawasi penumpang internasional khususnya dari China untuk selalu menggunakan masker, serta menjaga kebersihan diri.

Sementara itu, General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai mengatakan, Bandara Sam Ratulangi Manado terus berkoordinasi dengan semua pihak terkait, untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan di bandara ini.

"Dengan koordinasi ini, pengawasan yang dilakukan bukan hanya pada penumpang saja, tetapi juga terhadap barang yang akan masuk ke bandara. Itu dilakukan untuk mencegah masuknya virus dari negara lain ke daerah Sulawesi Utara," kata Minggus.

Baca juga: Virus Corona China, Kenali Gejala hingga Tips Mencegahnya

Sebelumnya, menindaklanjuti Peraturan Menteri Perhubungan Udara nomor PM 80 tahun 2017 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional, Kamis pagi telah dilaksanakan pertemuan Komite Keamanan Bandara di ruang rapat Kantor Administrasi Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado yang dibuka langsung oleh General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus Gandeguai.

Pertemuan itu dihadiri oleh General Manager PT. Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandara Sam Ratulangi Manado beserta jajaran, Komandan Lanudal Manado, Kepala Kepolisian Sektor Bandara, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Manado, Otoritas Bandara Wilayah VIII, Airnav Indonesia, TNI/POLRI, Karantina Pertanian, Karantina Perikanan beserta Airlines dan petugas Ground Handling.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com