Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Kongres V PAN, Amien Rais Minta Kader Waspada Kekuatan dari Luar

Kompas.com - 12/01/2020, 17:48 WIB
Achmad Faizal,
Khairina

Tim Redaksi

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, meminta kader PAN untuk mewaspadai kekuatan dari luar pada Kongres PAN V mendatang.

Kekuatan dari luar, menurutnya, berpotensi menghancurkan PAN dari dalam.

"Jangan sampai ada kekuatan dari luar. Karena kekuatan dari luar akan menghancurkan PAN dari dalam," katanya usai menghadiri Rakorwil DPW PAN Jawa Timur di Surabaya, Minggu (12/1/2020).

Baca juga: Kongres PAN, Amien Rais Diminta Mengayomi Semua Calon Ketum

Pesan tersebut adalah satu dari 3 pesan utama yang disampaikan Amien Rais kepada kader PAN jelang digelarnya Kongres PAN V.

Selain agar kader mewaspadi kekuatan dari luar, Amien Rais juga meminta agar persaingan calon ketua umum digelar dengan fair play.

Dia menyebut, layaknya pertandingan tinju, kongres PAN seperti pertandingan persahabatan.

"Memang sampai berdarah-darah, tapi setelah itu rangkulan," ucap Amien Rais

Terakhir, kata dia, siapa pun yang menang harus merangkul semua kader.

"Terakhir, siapa pun nanti yang menang dalam pemilihan, harus merangkul semua pihak, termasuk kelompok yang kalah dalam kontestasi kongres dalam rangka konsolidasi partai," ucapnya.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD F-PAN: Naturalisasi Pak Anies Memang Tidak Menggusur, tapi Banjir

Kata Amien Rais, ada sejumlah nama yang akan maju sebagai ketua umum dalam Kongres PAN yang rencananya akan digelar pada Februari mendatang.

Selain calon petahana Zulkifli Hasan, juga duet mantan Ketua Fraksi PAN di DPR Mulfachri Harahap dan putranya sendiri Hanafi Rais, Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Drajad Wibowo, dan mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Asman Abnur.

Agenda Kongres V PAN sebelumnya sempat diusulkan untuk dipercepat. Usulan tersebut menyusul situasi internal PAN yang memanas jelang pelaksanaan kongres. Situasi panas disebut akibat aksi dukung mendukung calon ketua umum PAN yang menjurus pada isu yang kontraproduktif. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com