Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Tokoh Hadiri Prosesi Pemakaman Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas

Kompas.com - 03/01/2020, 19:14 WIB
Wijaya Kusuma,
Khairina

Tim Redaksi

 

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Jenazah Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Yunahar Ilyas, Jumat (3/1/2020) siang dimakamkan di kompleks pemakaman Karangkajen, Kota Yogyakarta. Sejumlah tokoh hadir dalam pemakaman ini.

Usai disemayamkan di Masjid Gede Kauman, jenazah Yunahar Ilyas dibawa ke peristirahatan terakhirnya di kompleks pemakaman Karangkajen, Kota Yogyakarta dan tiba sekitar pukul 13.25 WIB.

Hadir dalam prosesi pemakaman, antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Hadir pula mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin.

Baca juga: Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas Berpulang, Buya Syafii Maarif: Dia Tidak Pernah Mau Istirahat...

Muhadjir Effendy mengatakan sempat datang ke rumah sakit untuk menjenguk Yunahar Ilyas.

"Terakhir saya juga menjenguk beliau di rumah sakit, tapi sayang waktu itu saya tidak bisa bertemu langsung, karena sudah tidak bisa ditemui. Waktu di PKU dan Sardjito saya juga datang," ujar Muhadjir usai pemakaman, Jumat (3/1/2020)

Muhadjir menyampaikan, hubungannya secara pribadi dengan Yunahar Ilyas cukup dekat. Ia pun banyak bertanya dan berkonsultasi dengan Yunahar Ilyas, terutama terkait dengan bahasa Arab.

Sebab, diakuinya dirinya masih perlu banyak belajar tentang bahasa Arab.

"Bertanya tentang qowaid, nahwu shorof, masdar, banyak beberapa istilah yang saya masih ragu, biasanya beliau yang saya minta memberi second opinion," jelasnya.

Sementara itu, mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin mengungkapkan kepergian Yunahar Ilyas bukan hanya kehilangan bagi keluarga besar Muhammadiyah, MUI, umat Islam Indonesia tetapi juga dunia Islam.

"Almarhum saya ketahui adalah ulama yang memiliki pengetahuan keagamaan yang luas, begitu pula pemahaman tentang realitas kehidupan umat dan bangsa," katanya.

Baca juga: Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas Dikenal Sosok Bijak dan Sederhana

Yunahar Ilyas, lanjutnya, seorang ulama yang tawadhu. Sampai akhir hayatnya, Ketua PP Muhammadiyah ini tetap istiqamah.

"Beliau hingga akhir hayatnya saya ketahui dari jarak dekat tetap istiqamah berada di jalan Allah," urainya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas meninggal dunia di RS Sardjito Yogyakarta, Kamis (02/01/2020) pukul 23.47 WIB. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com